Kadis Pendidikan Busel : Penggunaan BOS Harus Sesuai RKAS – Kendari Pos
Buton Selatan

Kadis Pendidikan Busel : Penggunaan BOS Harus Sesuai RKAS

KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Pendidikan Kabupaten Buton Selatan (Busel) masih menemukan klausul pembiayaan bantuan operasional sekolah (BOS) diluar rencana kegiatan anggaran sekolah (RKAS). Meski merujuk pada fungsinya itu tidak melanggar, namun secara administrasi tetap menjadi tamuan. “Misalnya uang lelah atau transport dalam kegiatan, itu kecil kadang hanya Rp 300 ribu. Tapi kalau tidak ada dalam RKAS, berarti temuan. Meskipun peruntukannya tidak salah, hanya pemeriksaan itu mengacu para RKAS,” ungkap Kadis Pendidikan Busel, La Makiki, Senin (29/6).

Hal itulah yang mendarisari Diknas Busel mengundang seluruh Kepala SD dan SMP di wilayah tersebut dalam kegiatan workshop rencana kegiatan dan anggaran sekolah. “Kasek kita beri kesempatan untuk berdiskusi langsung dengan Manajer BOS. Supaya kemudian bisa berhati-hati dengan pembuatan laporan ke depan, seluruh pembiayaan itu harus sesuai dengan RKAS. Sehingga pada pemeriksaan selanjutnya tidak terulang lagi temuan seperti tadi,” tambah La Makiki.

Lebih jauh, ia juga mengingatkan penyerahan LPj BOS diupayakan untuk tidak selalu terlambat dari jadwal yang ditetapkan. Hingga saat ini masih ada sejumlah sekolah yang kerap telat menyerahkan laporannya. “Bukan hanya tepat dalam item kegiatan, waktunya juga harus tepat. Supaya pencairan triwulan berikutnya tidak tertunda. Karena kalau laporannya telat, dana berikutnya juga terlambat,” lanjutnya. (b/lyn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy