Jamin Stok Beras Aman Selama Pandemi, Kery Tinjau Gudang Bulog – Kendari Pos
Konawe

Jamin Stok Beras Aman Selama Pandemi, Kery Tinjau Gudang Bulog

KENDARIPOS.CO.ID — Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa terus bergerak memutus mata rantai penyebaran virus corona di wilayah otoritanya. Selain mengupayakan penyediaan alat kesehatan (alkes) semisal alat pelindung diri (APD), rapid test maupun cairan disinfektan bagi penanganan Covid-19, Kery turut memastikann pemenuhan pangan warganya terpenuhi.

Untuk memastikan hal itu, Kery bersama anggota Komisi IV DPR RI, Fachry Pahlevi Konggoasa, mengecek ketersediaan beras di gudang Badan Urusan Logistik (Bulog) Konawe. Kedua politisi berbendera PAN ini pun lega. Stok beras cukup memenuhi kebutuhan domestik (Konawe) maupun Sultra.

Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa mengaku meski wilayah Konawe dilanda pandemi, produksi beras dipastikan tetap surplus dan bisa memenuhi kebutuhan masyarakat hingga beberapa bulan kedepan. Ia bahkan memproyeksi, stok beras di wilayahnya bisa menyuplai permintaan dari kabupaten dan kota se-Sultra meskipun masa pandemi belum berakhir.

“Persediaan beras kita cukup melimpah. Kalau daerah lain butuh, kita siap untuk menyuplai,” ujar mantan Ketua DPRD Konawe itu.

Saat ini, sebagian wilayah Konawe yang merupakan basis persawahan telah memasuki masa panen. Misalnya, di daerah Uepai, Lambuya, Tongauna dan kecamatan lain se-Konawe. Dengan demikian, panen itu akan kembali menambah stok beras yang ditampung di gudang Bulog Konawe. Ia menargetkan, dalam setahun petani di otoritanya bisa menghasilkan panen hingga 200 ton beras.

“Luas lahan persawahan di Konawe saat ini mencapai 42.500 ha. Dari jumlah itu, setengahnya sudah dipanen oleh para petani. Kita jamin kabupaten Konawe siap untuk terus memenuhi kebutuhan beras di Sultra,” ucap Bupati Konawe dua periode itu.

Dalam kesempatan itu, Kery mengimbau dinas terkait untuk meningkatkan produktivitas petani. Dengan begitu, produksi beras tiap hektar bisa mencapai tujuh ton. “Seandainya itu terwujud, perputaran uang yang dihasilkan para petani di Konawe bisa mencapai Rp 720 miliar,” ungkap Bupati Konawe itu didampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Muhammad Akbar. (adv/adi/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy