Jalur Zonasi dan Prestasi Paling Diminati Pendaftar SMAN 4 Kendari – Kendari Pos
Edukasi

Jalur Zonasi dan Prestasi Paling Diminati Pendaftar SMAN 4 Kendari

KENDARIPOS.CO.ID — Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2020 jenjang SMA/SMK/SLB di Sulawesi Tenggara (Sultra) tengah berlangsung dan berakhir hingga 4 Juli mendatang. Para lulusan SMP yang ingin melanjutkan di jenjang SMA pun saat ini tengah melakukan pendaftaran yang berlangsung secara Daring atau online melalui empat jalur, yakni zonasi, prestasi, afirmasi dan mutasi.

Dari empat jalur yang bisa digunakan para calon peserta didik baru ini, terdapat jalur yang menjadi favorit pendaftar, khusunya di sekolah-sekolah yang dianggap sebagai primadona, seperti SMAN 4 Kendari.

Berdasarkan pantauan yang dilakukan Kendari Pos, pendaftar
pada sekolah yang dipimpin oleh Ruslan ini, terus mengalami peningkatan. Tercatat hari ke 4 dibukanya pendaftaran PPDB di sekolah tersebut, jumlah peminatnya sudah melebihi angka 500.

Kepala SMAN 4 Kendari Ruslan mengatakan, para calon siswa ini didominasi oleh para pendaftar yang menggunakan jalur zonasi dan juga prestasi. “Untuk besaran kuota dua jalur ini memang memiliki kuota yang paling besar dibandingkan dengan dua jalur lainya. Sehingga, menjadi pilihan masyarakat karena dianggap peluangnya cukup besar,” ungkapnya, Kamis (25/6).

Diakuinya, kuota jalur zonasi di SMAN 4 Kendari itu sebanyak 50 persen sedangkan jalur prestasi sebanyak 30 persen. Angka ini memang mengalami sedikit perubahan jika dibandingkan dengan besaran kuota pada PPDB tahun sebelumnya. Kalau kuota jalur zonasi pada PPDB 2019 itu sebanyak 80 persen, sisanya yakni 20 persen itu dibagi untuk jalur prestasi dan jalur perpindahan orang tua.

“Tahun ini kita memiliki kesempatan yang cukup besar untuk memperoleh siswa yang memiliki prestasi yang bagus, baik itu dari prestasi akademik maupun non akademik,” katanya.

Diakuinya, pelaksanaan PPDB 2020 di SMAN 4 Kendari dipastikan pihaknya berjalan sesuai dengan prosedur yang ditentukan. Bahkan, sekolah yang memiliki segudang prestasi tersebut telah mempersiapkan tim untuk melakukan verifikasi berkas. Sehingga, para pendaftar yang mengunggah berkas yang tidak sesuai atau meragukan akan secara teliti diperiksa oleh tim. “Bahkan para guru-guru ada yang melakukan pengetesan secara langsung. Misalnya pendaftar yang memilih jalur prestasi yang didukung prestasi pada bidang karate atau bulutangkis tingkat nasional ataupun provinsi. Para guru kami pun bahkan melakukn pengecekan kepada pendaftar tersebut untuk mengirimkan cara bermain bulutangkis atau saat melakukan karate dalam bentuk vidio atau secara langsung. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir bentuk-bentuk kecurangan yang mungkin saja terjadi,” imbuhnya.

Sebagai informasi kuota PPBD TA 2020/2021 di SMAN 4 Kendari sebanyak 432 orang, terbagi kedalam 12 rombongan belajar (Rombel) yang diusul, dengan tiga jurusan
yakni, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPA), dan Bahasa. (b/idh)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy