Ikon Baru Tugu Religi Buteng Dibangun di Simpang Lima – Kendari Pos
Buton Tengah

Ikon Baru Tugu Religi Buteng Dibangun di Simpang Lima

H. Samahuddin


KENDARIPOS.CO.ID — Pembangunan tugu religi yang akan menjadi ikon Kabupaten Buton Tengah (Buteng) kini mulai digagas. Lokasinya ditempatkan pada pusat kota Labungkari. Bupati Buteng, H. Samahuddin, mengungkapkan, rencana pengerjaannya sudah matang dan tinggal aksi di lapangan saja. “Gambar serta model tugu religi sudah ada. Tinggal pekerjaannya yang akan kita lakukan. Dipastikan tahun ini juga sudah dimulai,” ujar Samahuddin, Jumat (5/6).

Menurut suami Hj. Jusniar Samahuddin itu, model tugu ikon Buteng tersebut dibuat sederhana. Metode gambarnya akan mengikut pada filosofi ajaran agama Islam. Misalnya simbolik Alquran, saalat 5 waktu dan lainnya.
“Tinggi tugu sendiri mencapai 30 meter, sesuai 30 jus Alquran, dengan lima segi yang bermakna lima rukun salat. Ada 17 anak tangga, sesuai turunnya Alquran pada malam 17 Ramadan,” jelas Samahuddin.

Untuk total anggaran, Buteng-1 itu mengaku belum bisa menyebutkan detailnya. Namun ia perkirakan akan mencapai ratusan juta hingga miliar rupiah. Pasalnya, tugu Religi ini akan ditata baik. Meski Buteng dikenal dengan daerah seribu gua, pariwisata maupun potensi lainnya, namun nantinya dapat kian dikesankan sebagai Kota Beriman atau daerah religius.

“Karena sejak dulu Buteng dikenal dengan para ulamanya. Salah satu contohnya, di kecamatan Sangia Wambulu terdapat kuburan imam keraton. Jadi dengan simbol tugu religi yang kita rancang, maka dengan sendirinya, Buteng akan tercatat sebagai Kota Berkah, Beriman dan Bertakwa,” harap Samahuddin. (c/rud)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy