Gedung Isolasi Baru RSUD Bahteramas Siap Difungsikan : 24 Ruangan, Ada Tempat Salat Jenazah – Kendari Pos
Metro Kendari

Gedung Isolasi Baru RSUD Bahteramas Siap Difungsikan : 24 Ruangan, Ada Tempat Salat Jenazah

KENDARIPOS.CO.ID — Keterbatasan ruang perawatan pasien covid-19 mulai bisa diatasi. Dalam waktu dekat, Pemprov Sultra akan memfungsikan ruang isolasi yang baru dibangun di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bahteramas. Kepala Dinas Cipta Karya Bina Konstruksi dan Tata Ruang Sultra, Pahri Yamsul mengatakan, jumlah kamar ruang isolasi baru di Bahteramas terdiri dari 24 kamar dengan kapasitas 25 tempat tidur, terbagi menjadi ruang isolasi pasien Covid-19, ruang perawatan Pasien Dalam Pantauan (PDP), ruang Jenazah dan ruang untuk Shalat jenazah.

“Jadi, kami sangat konsen untuk mendukung bagaimana caranya Covid-19 ini bisa berlalu. Insya Allah minggu ini, ruang isolasi baru sudah mulai di fungsikan sesuai dengan hasil koordinasi dengan teman-teman RS bahteramas,” kata Pahri saat dikonfirmasi Kendari Pos, Selasa (2/6). Sebelum difungsikan sambungnya, pemerintah akan melakukan uji coba peralatan perawatan. Setelah itu, tempat tidur pasien akan diisi.”Selasa malam dilakukan uji coba penghawaannya. Setelah ini ok, Rabu langsung di isi tempat tidur. Setelah tempat tidur semua ok, maka difungsikan,”paparnya.

Gedung ruang isolasi yang baru akan segera difungsikan. Dengan adanya gedung ini, keterbatasan ruang perawatan pasien covid-19 bisa diatasi.

Diakuinya proses pembangunan gedung Isolasi mendapat sejumlah kendala. Bukan hanya pengiriman material, namun juga kekhawatiran pekerja. Makanya, pekerjanya sering berganti-ganti. “Jadi pekerja itu ada tiga kelompok, karena diawal Covid-19 itu mereka masih awam, jadi kelompok satu dengan dua berhenti bekerja karena takut tertular. Kelompok tiga itu bertahan karena kita lakukan sosialisasi. Sebenarnya akhir April sudah selesai, tapi karena yang susah itu penerbangan, Hepafilter itu beratnya kurang lebih dua ton dan dia besar,” ucapnya.

Sementara untuk ruang isolasi berlokasi di Eks SMA Angkasa Lanud Haluoleo dan Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Sultra sambungnya, ditarget rampung akhir Juni ini. “Untuk Eks SMA Angkasa seperti yang terlihat hampir dari nol kita kerja dan bisa menampung 100 kamar. Sementara Eks RSJ Sultra sebanyak 16 kamar dan target rampung akhir Juni ini. Progres SMU angkasa saat ini sudah mencapai 60 persen dan RSJ sudah mencapai 80 persen konstruksinya,” ucapnya. (b/rah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy