FHIL UHO Dorong Pengoptimalan Pengelolaan Hutan – Kendari Pos
Edukasi

FHIL UHO Dorong Pengoptimalan Pengelolaan Hutan

Suasana Webiner yang dilaksanakan Fakultas Kehutanan dan Ilmu Lingkungan UHO.

KENDARIPOS.CO.ID — Fakultas Kehutanan dan Ilmu Lingkungan (FHIL) Univeristas Halu Oleo (UHO) Kendari, mendorong pengelolaan hutan yang berbasis tapak, guna memperkuat ketahanan pangan masyarakat di tengah pandemi Covid-19 yang melanda mayoritas provinsi di Indonesia. Upaya ini digaungkan FHIL UHO dalam seminar nasional secara online atau Webiner yang berlangsung melalui Zoom pada Kamis (25/6).

Dekan FHIL UHO, Prof. Dr. Ir. Aminuddin Mane Kandari dalam sambutan menuturkan, hutan merupakan anugerah Tuhan yang memiliki potensi yang sangat besar bagi kesejahteraan hidup masyarakat. Namun, juga bisa memberikan dampak yang negatif. Untuk itu, sebagai Prodi yang berkonsentrasi di bidang kehutanan, maka FHIL terus berupaya memberikan informasi kepada masyarakat guna melakukan pengelolaan hutan yang ada di Sultra ini secara optimal.

“Sebenarnya kuncinya adalah model pengelolaannya. Kalau hutan kita dikelola dengan baik. Maka dipastikan dapat memberikan kesejahteraan masyarakat. Tetapi jika pengelolaanya salah maka itu bisa menyengsarakan rakyat,” terangnya.

Menurut Prof. Mane Kandari dengan adanya model pengelolaan hutan yang berbasis tapak ini dilaksanakan. Maka tentu bisa memberikan bantuan spirit ekonomi masyarakat di tengah pandemi. Pasalnya, hutan itu memiliki banyak potensi yang bisa dikelola dengan baik. Mulai dari kayunya hingga tanaman-tanaman yang bisa dimanfaatkan dan mampu bernilai ekonomis yang tinggi.

“Saat ini, masyarakat itu baru hanya mengolah kayunya saja. Padahal didalam hutan itu terdapat produk-produk tanaman dari tanaman hutan yang bisa diproduksi. Seperti jahe, madu hingga kayu putih, yang tentunya bisa memberikan penghasilan masyarakat di tengah situasi saat ini,” tutur Mantan Ketua Senat UHO itu.

Pihaknya pun berharap agar Webiner yang telah berlangsung ini, bukan hanya formalitas, tetapi bisa dijadikan pemicu motivasi untuk terus berbuat dan berkreasi bagi semua tenaga pendidik. Sebagaimana dengan motto FHIL UHO, yakni bersama kita bisa dan dari kita untuk semua. Sehingga, diadakannya Webiner ini diharapkan untuk menumbuhkan jiwa kebersamaan dalam pengelolaan hutan supaya lebih efisien dan efektif. Khususnya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

“Semoga materi yang disampaikan dalam Webiner ini bisa menjadi acuan dalam melaksanakan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Jangan hanya formalitas saja, tetapi harus diaplikasikan dalam aktivitas keseharian sivitas akademika FHIL khususnya di Sultra secara umum dan Kendari secara khusus,” imbuhnya.

Sebagai informasi, Webiner FHIL UHO ini menghadirkan beberapa Keynote speaker seperti, Prof. Dr.Ir Wahyu Andayani, M.Si, yang merupakan Guru besar UGM Bidang Keahlian Ekonomi Kehutanan, Prof. Dr. Ir. Supratman, MP selaku Guru besar Unhas, Bidang Keahlian Manajemen Hutan, dan Dr. Ir. Rosmarlinan, MP.,Dosen UHO, serta Dr. Nur Arafah, SP., M.Si., Dosen Kehuatanan FHIL UHO. Dengan jumlah peserta dalam Webiner tersebut sebanyak 1200 orang, yang tersebar dari seluruh Indonesia, denagn persentase peserta terbanyak dari Pulau Sulawesi sebanyak 50 persen, Pulau Jawa 30 persen, 20 persen berasal dari Kalimantan, Papua, NTT hingga Bali. (b/idh)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy