Enam Manfaat Konsumsi Buah Belimbing – Kendari Pos
Kesehatan

Enam Manfaat Konsumsi Buah Belimbing

Belimbing

KENDAIRIPOS.CO.ID — Buah belimbing merupakan buah dengan rasa asam dan manis. Buah ini terlihat seperti bintang dengan warna kuning serta hijau. Belimbing mengandung berbagai nutrisi penting termasuk serat, potasium, vitamin C, vitamin B5, folat, dan sejumlah kecil protein. Buah ini juga rendah kalori yang mendukung penurunan berat badan. Bisa diolah menjadi saus kue, selai, atau mengubahnya menjadi jus. Belimbing bisa bermanfaat menstabilkam tekanan darah tinggi, gula darah, hingga kolesterol.

Pakar Kesehatan dan Penasihat Medis Senior Verywell Fit Richard N. Fogoros, MD menjelaskan, belimbing adalah buah yang ramah bagi pasien diabetes. Belimbing juga merupakan pilihan sehat bagi penderita diabetes. Penderita diabetes bisa makan buah ini dalam jumlah sedang. Belimbing camilan sehat untuk penderita diabetes.

“Buah-buahan dan sayuran segar bermanfaat untuk manajemen diabetes. Serat dalam buah segar atau kering, seperti belimbing, memperlambat pencernaan makanan dan mencegah lonjakan cepat dalam gula darah,” katanya seperti dilansir Verywell Fit dari Jawa Pos Kesehatan, Senin (29/6).

Selain itu, belimbing adalah makanan rendah kalori, padat nutrisi yang dapat membantu dalam pencegahan kenaikan berat badan, yang merupakan faktor risiko utama resistensi insulin. Sertakan buah belimbing dalam rencana makan harian untuk mengurangi risiko diabetes dan membantu menjaga gula darah tetap terkendali.

Kemudian jumlah serat dan komponen nabati lainnya dalam belimbing membantu dalam mengontrol kadar kolesterol. Fungsi ini dapat meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan. Tekanan darah dan kolesterol yang terkontrol berkontribusi pada kesehatan jantung.
Bagi yang ingin langsing, belimbing mengandung sangat sedikit kalori. Belimbing juga mengandung serat yang bisa membuat Anda kenyang lebih lama dan membuat Anda mengonsumsi lebih sedikit kalori. Manfaat lainnya, vitamin C dalam belimbing baik untuk kulit. Dan Vitamin B di dalamnya bisa meningkatkan kesehatan rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Sementara itu, dr. Reni Utari mengungkapkan, buah belimbing mengandung banyak nutrisi. Buah inikaya serat dan vitamin C. Biasanya, satu buah belimbing (91 gram), mengandung beberapa nutrisi. Diantaranya, serat sebanyak 3 gram, protein 1 gram, vitamin C 52% dari referensi asupan harian (RAH), Vitamin B5 4% dari RAH.

“Selain itu juga mengandung Folat sebanyak 3% dari RAH, tembaga 6% dari RAH, Kalium 3% dari RAH, dan Magnesium sebesar 2% dari RAH. Jika dilihat, jumlah nutrisi buah belimbing memang tidak sebanyak buah lain. Namun, karena buah ini rendah kalori hanya memiliki 41 kalori, jumlah nutrisi di atas sudah terhitung cukup untuk kesehatan tubuh,” kata dr Reni sebagaimana dilansir dari laman SehatQ, kemarin.

Manfaat Konsumsi Buah Belimbing:

*Meningkatkan Kesehatan Mata
Buah belimbing mengandung vitamin A, meskipun sedikit. Namun, tetap bisa merasakan manfaat buah belimbing dalam meningkatkan kesehatan mata. Selain itu, vitamin A juga bisa mencegah dari nyctalopia atau ketidakmampuan melihat dalam cahaya redup atau malam hari.
Perlu diketahui, vitamin ini merupakan komponen utama dari pigmen rhodopsin. Pigmen ini berkontribusi terhadap pemrosesan cahaya oleh mata.

*Menurunkan Berat Badan
Jika sedang ingin menurunkan berat badan, buah belimbing bisa jadi camilan yang sangat lezat dan menyehatkan. Buah belimbing hanya mengandung sedikit kalori, selain itu, serat dan nutrisi lainnya juga banyak. Jika mengonsumsinya, metabolisme tubuh akan meningkat.
Serat yang dikandungnya, bisa membantu merasa kenyang lebih lama, sehingga terhindar dari makan berlebih.

*Meningkatkan Fungsi Sistem Kekebalan Tubuh
Satu buah belimbing berukuran sedang, mengandung sekitar 50% RAH vitamin C. Ini merupakan kabar menggembirakan untuk sistem kekebalan tubuh. Sebuah studi berjudul “Radical Scavenging Activity in Fruit Extracts” menemukan bahwa buah belimbing bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara keseluruhan.

*Menyehatkan Tubuh
Setiap 91 gram buah belimbing yang dimakan, mampu memenuhi 52% kebutuhan harian tubuh atas vitamin C. Vitamin ini sangat penting untuk memperkuat struktur tulang, otot serta pembuluh darah. Vitamin C membantu penyerapan zat besi pada tubuh, meningkatkan kemampuan tubuh dalam sembuhkan luka, dan mencegah penyakit. Vitamin C tidak bisa diproduksi oleh tubuh. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda harus mengonsumsi buah yang mengandung vitamin tersebut, seperti belimbing ini.

*Menyehatkan Tulang
Terdapat beragam mineral yang dikandung buah belimbing, seperti zat besi, magnesium, fosforus, zinc, dan kalsium. Semua mineral ini bisa meningkatkan kesehatan tulang dan menurunkan risiko penyakit osteoporosis, yang bisa menyerang seiring bertambahnya usia.

*Menurunkan Kolesterol
Buah belimbing memiliki kadar serat yang tinggi. Tidak heran kalau buah belimbing dipercaya untuk mengontrol dan mengurangi kadar kolesterol di dalam tubuh. Selain itu, serat yang dikandung buah belimbing, bisa mengontrol kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL). (shQ/jpg)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy