Enam Bulan, Lima Kasus DBD di Konkep – Kendari Pos
Konawe Kepulauan

Enam Bulan, Lima Kasus DBD di Konkep

KENDARIPOS.CO.ID — Penyakit demam berdarah dengue (DBD) di Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) masih ditemukan. Warga di wilayah itu diminta tetap menerapkan pola hidup bersih dan sehat agar tidak terserang penyakit dari sengatan nyamuk aedes aegypti tersebut. Pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) Konkep mencatat, sedikitnya ada lima kasus DBD sepanjang Januari hingga Juni 2020 ini. Penyakit tersebut ditemukan pada warga tiga kecamatan yang tersebar di Pulau Wawonii. Yakni Kecamatan Wawonii Utara, tepatnya di Desa Waworope, Desa Nambo Jaya di Kecamatan Wawonii Tenggara dan Batumea di Kecamatan Wawonii Tengah.

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinkes Konkep, Siti Badriah, mengungkapkan, sejauh ini pihaknya baru menerima laporan lima kasus penyakit DBD yang menyerang warga di Pulau Wawonii sepanjang semester pertama 2020. Kasus tersebut jauh menurun dibandingkan 2019 lalu yang jumlahnya mencapai 23 kasus dalam rentang waktu sama. “Lima kasus yang kita temukan saat ini. Salah satunya punya riwayat berpergian ke luar kota. Hasil wawancara kami pada pasien, dia sudah terserang DBD dari daerah sebelumnya,” kata Siti Badriah, saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (22/6).

Ia mengatakan, sejauh ini belum ada korban jiwa akibat wabah DBD. Dinkes Konkep, akan terus berupaya menekan kasus DBD di Pulau Wawonii dengan melakukan fogging pada titik-titik pemukiman warga, khususnya wilayah endemik. “Tapi kami fogging bukan hanya di desa yang kami temukan kasus DBD. Tetapi di desa-desa tetangga juga. Semoga saja tidak ada korban jiwa akibat DBD,” tandasnya. (b/san)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy