DPRD Konut : Warga di Bantaran Sungai Harus Direlokasi – Kendari Pos
Konawe Utara

DPRD Konut : Warga di Bantaran Sungai Harus Direlokasi

: Wakil Ketua DPRD Konut, Made Tarubuana (kiri) bersama aparap Polsek Wiwirano saat meninjau dan mengevakuasi warga yang rumahnya terendam banjir.

KENDARIPOS.CO.ID — Hampir setiap tahun, Kabupaten Konawe Utara (Konut) terus dilanda bencana banjir. Terutama pada pemukiman yang berada di areal bantaran sungai. Kondisi masyarakat yang terdampak banjir itu menjadi perhatian serius pihak DPRD Konut. Bahkan legislator Konut turun langsung ke lapangan membantu maupun mengevakuasi warga. “Waktu evakuasi warga yang rumahnya terendam banjir, kami dibantu anggota Polsek Wiwirano. Memang bila musim hujan, banjir selalu mengintai. Terutama di Desa Landiwo, Lamonae Utama, Padalere dan Padalere Utama Kecamat Wiwirano,” ujar Wakil Ketua DPRD Konut, Made Tarubuana, Senin (22/6).

Ketua DPC PDIP Konut tersebut mengaku banjir yang hingga merendam puluhan unit rumah di wilayah itu disebabkan karena meluapnya sungai Lalindu. Ditambah lagi dengan intensitas curah hujan yang tinggi. Meski tak ada korban jiwa dalam musibah tersebut, namun ditaksir kerugian materi dari dampak banjir mencapai ratusan juta rupiah. Karena selain merendam rumah, lahan pertanian dan perkebunan ikut rusak. Terutama di Kecamatan Landawe dan Wiwirano.

Wakil rakyat tiga periode itu menyarankan agar masyarakat yang tinggal dan bermukim di wilayah bantaran sungai untuk direlokasi ke tempat lebih aman. Pasalnya, untuk melakukan upaya normalisasi sungai maupun pemasangan tanggul, mustahil bisa dilaksanakan, melihat kondisi keuangan daerah. Solusinya hanya bisa direlokasi agar terhindar dari ancaman banjir. “Saya juga menyarankan pada Pemkab Konut untuk mencarikan lahan bagi warga untuk relokasi. Biar tidak tiap tahun hanya banjir yang diurus. Solusinya memang warga harus diberikan fasilitas pemukiman yang jauh dari potensi banjir,” usul Made Tarubuana. (b/min)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy