Data Base Kependudukan Jadi Rujukan Penyaluran Bansos – Kendari Pos
Metro Kendari

Data Base Kependudukan Jadi Rujukan Penyaluran Bansos


KENDARIPOS.CO.ID — Pemkot Kendari tak ingin predikat Smart City hanya sekedar slogan. Untuk itulah, Pemkot mendorong Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terus berivonasi termasuk di masa pademi covid-19. Teranyar, pemerintah memanfaatkan data base kepedudukan dalam penyaluran bantuan sosial (Bansos).

“Di situasi saat ini (Pandemic Covid-19, Red) sudah seharusnya menjadi perhatian dari penerapan Smart City adalah pengelolaan dan pemanfaatan data base kependudukan yang baik dan terpadu,” kata Sulkarnain, kemarin.

Kemajuan teknologi kata dia, harus dimanfaatkan untuk memudahkan kerja-kerja pemerintah. Apalagi kebijakan ini bagian dari reformasi birokasi. Tidak memudahkan pelayanan dalam hal ini membantu warga yang terdampak covid-19, namun juga meningkatkan kompetensi ASN. Di masa sulit ini, pemerintah harus mampu memberikan solusi.

“Kami ingin pastikan tidak lagi ada warga yang tak kebagian bantuan. Di data base kependudukan, semuanya jelas. Tapi kami tetap mengakomodir hasil pendataa yang telah dilakukan mulai tingkat Kecamatan hingga tingkat RT dan RW,” kata Sulkarnain.

Ketua DPC PKS Kota Kendari itu menambahkan, database yang ada tentunya harus terbuka, terpadu, dan terbarukan secara berkala. Artinya, semua pihak dan dapat diakses secara daring terkecuali yang bersifat pribadi. Selain itu, database dari berbagai lembaga yang saling melengkapi dan dapat dikoreksi. “Agar bantuan tepat sasaran, secara berkala akan dilakukan up date data terbaru,” jelasnya. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy