Bupati Konawe Dukung Program Gemarikan – Kendari Pos
Konawe

Bupati Konawe Dukung Program Gemarikan

Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa (kiri) dan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sultra, Askabul Kijo saat sosialisasi Gemarikan, Rabu (3/6).


KENDARIPOS.CO.ID — Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa tak hanya getol menyosialisasikan program kerjanya sendiri. Program pemerintah pusat pun didukung penuh Bupati Konawe dua periode itu. Masyarakat Konawe diajaknya untuk gerakan memasyarakatkan makan ikan (Gemarikan) yang dikampanyekan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

KKP bahkan menggandeng anggota DPR RI asal Sultra, Fachry Pahlevi Konggoasa yang juga putra Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa untuk menggelorakan program Gemarikan di wilayah Sultra. “Negara sudah hadir dengan segala lini kehidupan masyarakat. Bahkan soal urusan gizi dan protein pun negara hadir melalui Gemarikan. Gemarikan ini sangat berkontribusi dalam penanganan Covid-19. Tentu kita semua berharap, wabah Covid-19 ini segera berlalu,” tuturnya saat sosialisasi di kediamannya di Kecamatan Puuwatu, Kota Kendari, Rabu (3/6) kemarin.

Menurut Kery, mengonsumsi daging ikan bisa meningkatkan daya tahan tubuh. “Terlebih di masa pandemi, nutrisi yang terkandung dalam ikan bisa untuk meningkatkan imun sekaligus mencegah penyebaran covid-19,” pungkas mantan Ketua DPRD Konawe itu.

Sementara itu, Anggota DPR RI, Fachry Pahlevi Konggoasa mengatakan tingkat konsumsi ikan di masyarakat masih sangat rendah. Program Gemarikan sebagai bentuk konkret pemerintah untuk mendongkrak tingkat konsumsi masyarakat. Untuk itu, Gemarikan sangat penting disosialisasikan agar diketahui seluruh masyarakat di Sultra. “Penyebab minimnya itu karena belum paham. Makanya sejak sebelum pandemi Covid-19ini, kami menyosialisasikan agar rakyat gemar makan ikan,” tuturnya.

Selain sosialisasi, pemerintah bisa memanfaatkan program yang sudah ada untuk menyiasati kondisi itu. Mengganti daging dengan ikan dalam progran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) bisa jadi media untuk mendongkrak daya konsumsi masyarakat. “BPNT menggunakan ikan. Harganya murah dibanding harga daging sapi. Pengembangannya sangat mudah. Makan ikan sangat besar manfaatnya, baik untuk imun maupun kecerdasan,” ujar politisi muda PAN ini.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sultra, Askabul Kijo menyambut baik dukungan Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa dan anggota DPR RI, Fachry Pahlevi Konggoasa. Menurutnya, program Gemarikan bisa membantu menstabilkan kondisi ekonomi nelayan di daerah. “Nantinya bantuan yang akan diberikan berupa ikan. Semua itu berasal dari daerah kita sendiri. Sehinga nelayan kita juga bisa terbantu,” paparnya. (yog/c)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy