Bupati Konawe Ajak Masyarakat Budayakan Pakai Masker – Kendari Pos
Konawe

Bupati Konawe Ajak Masyarakat Budayakan Pakai Masker

Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa didampingi Sekab Konawe Ferdinand Sapan, mengimbau warga agar membudayakan pemakaian masker di masa new normal

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe mulai menerapkan new normal alias tatanan kehidupan baru dalam setiap aspek. Meski masih masuk kategori zona merah pandemi Covid-19, pelan-pelan Pemkab mulai menormalkan kembali segala sendi kehidupan bermasyarakat yang sempat lumpuh akibat diterpa wabah. Penerapan new normal tetap mematuhi anjuran pemerintah terkait protokol kesehatan penanganan Covid-19.

Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa mengatakan, penyebaran virus korona bisa menular secara cepat lewat kontak langsung. Makanya, salah satu jurus jitu menghentikan penularan virus tersebut yakni dengan membiasakan penggunaan masker dalam menjalankan kegiatan sehari-hari.

“Kalau keluar rumah jangan lupa pakai masker dan menjaga jarak aman. Pokoknya warga harus disiplin dan ikuti anjuran pemerintah saja. Insya Allah, daerah kita bisa segera kondusif kembali seperti sediakala,” ungkap Bupati Konawe dua periode itu.

Sementara itu, Ketua Gugus Tugas percepatan penanganan Covid-19 Konawe, Ferdinand Sapan menjelaskan, new normal saat ini mulai diterapkan di daerah berjuluk lumbung padi Sultra itu. Sebenarnya, katanya, kebijakan new normal yang dikeluarkan pemerintah pusat mengandung esensi adanya perubahan kebiasaan masyarakat di dalam berkehidupan keseharian.

“Contohnya itu, bagaimana kita berbudaya menggunakan masker. Artinya, perilaku kita berubah tapi aktivitas kita tetap sama,” ungkap Ferdinand.

Lanjutnya, merubah perilaku atau kebiasaan lama itu sebenarnya tidaklah sulit. Asalkan, harus sering-sering dibiasakan saja. Makanya, Sekretaris Kabupaten Konawe itu menambahkan, perlu keterlibatan semua pihak untuk menggelorakan budaya pemakaian masker dalam bersosialisasi sehari-hari.

“Teman-teman media juga mengambil peran penting. Bagaimana warga diberikan pemahaman terkait kebijakan new normal ini,” bebernya.

Kebijakan new normal itu adalah bagaimana setiap individu memahami situasinya masing-masing. Sebab ia menyadari, aktivitas setiap orang sulit juga untuk dibatasi. “Apalagi, kalau ada individu yang punya kebiasaan tidak ingin menggunakan masker, apa boleh buat. Tapi maskernya kita tetap siapkan,” tegasnya.

Ferdinand menyebut, kebijakan pemangkasan jadwal berkantor ASN pemkab Konawe tetap berlaku sembari menunggu situasi daerah benar-benar pulih dari pandemi. Selain itu, penormalan kerja ASN juga harus menunggu instruksi dari pemerintah pusat.

“Kalau misalnya sudah ada rujukan (pusat), kita ikuti. Kalau belum dibolehkan, tidak bisa juga. Meski demikian, aktivitas pelayanan di perkantoran tetap harus jalan,” pungkas mantan Kepala BPKAD Konawe itu. (adi/adv).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy