Bupati Kery Minta Siswa Tetap Semangat Belajar dari Rumah – Kendari Pos
Konawe

Bupati Kery Minta Siswa Tetap Semangat Belajar dari Rumah

Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa saat memimpin rapat bersama
Forkopimda membahas penanganan Covid-19. Salah satu kesimpulan
pertemuan yang digelar di ruang rapat Bupati Konawe tersebut adalah
mengalihkan PBM untuk sementara waktu dengan sistem daring.

KENDARIPOS.CO.ID — Sejak 17 Maret 2020, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe resmi “merumahkan” peserta didik di tingkat TK/PAUD, SD maupun SMP wilayah setempat. Keputusan menghentikan aktivitas proses belajar mengajar (PBM) tatap muka yang diambil Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa itu merujuk pada instruksi Presiden RI dan surat edaran (SE) Mendikbud RI nomor 3 tahun 2020 tentang pencegahan penularan Covid-19.

Meski belajar dari rumah, Bupati Konawe dua periode itu meminta siswa untuk tetap semangat belajar dalam jaringan (daring) maupun luar jaringan (luring). Kery mengatakan, PBM di dalam kelas dihentikan sementara waktu karena siswa sangat rentan terpapar Covid-19 jika metode belajar tatap muka itu tetap dilakukan.

Meski begitu, Kery mengimbau para guru harus tetap berkantor sembari memantau perkembangan siswa didiknya. “Mungkin bisa pantau siswa via WhatsApp. Saya minta Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Konawe juga memantau aktivitas Kepala Sekolah, guru dan tenaga staf di sekolah secara berkala,” ujar Kery Saiful Konggoasa.

Kepala Dinas Dikbud Konawe Suriyadi (dua dari kanan), menggelar rapat bersama
jajarannya membahas perkembangan proses pembelajaran di masa pandemi.

Sementara itu, Kepala Dinas Dikbud Konawe, Suriyadi menjelaskan, sudah sekira tiga bulan siswa di Konawe mengikuti PBM dari rumah masing-masing. Kemungkinan besar, katanya, metode pembelajaran via daring maupun luring tersebut masih akan terus berlanjut, sembari menunggu situasi daerah benar-benar pulih dari pandemi.

Salah seorang siswi SDN 1 Unaaha mengikuti
ujian sekolah berbasis online.

“Tahun ajaran baru dimulai pada 13 Juli mendatang. Kemungkinan siswa masih belajar dari rumah,” ungkap Suriyadi. Ia menambahkan, di masa kebijakan new normal, pihaknya belum berani mengambil sikap dan masih menunggu arahan pemerintah pusat terkait wacana penormalan pembelajaran di dalam kelas. Sampai saat ini, pihaknya tetap merujuk ketentuan dalam surat edaran (SE) Kemendikbud RI nomor 12 tahun 2020 tentang kebijakan pendidikan di masa pandemi Covid-19.

“Memang sudah ada kebijakan new normal khususnya di sektor pendidikan. Tapi kita di Konawe, sampai saat ini masih menunggu surat keputusan bersama (SKB) antara Mendikbud dan Menteri Kesehatan RI,” terangnya.

Ketua PGRI Konawe itu menyebut, sesuai pertimbangan pusat, pembelajaran tatap muka dalam kelas hanya bisa dilakukan di daerah yang sudah ditetapkan kategori zona hijau Covid-19. Sementara di Konawe, sambungnya, menurut data yang ada sampai saat ini statusnya masih masuk daerah kategori zona merah penyebaran virus korona.

“Makanya, khusus kebijakan di sektor pendidikan, saya belum berani menyelenggarakan pembelajaran tatap muka. Tetap kita melakukan proses pembelajaran via dalam jaringan (daring) maupun diluar jaringan (luring),” ucapnya.

Terlepas dari itu, mantan Sekretaris Dinas Dikbud Konawe itu menuturkan, jika dikemudian hari instruksi Mendikbud RI terkait penormalan aktivitas belajar siswa didik di Konawe telah keluar, pihaknya siap untuk mengaktifkan PBM tatap muka di dalam kelas. Namun, protokol kesehatan juga tetap harus diterapkan kepada semua sivitas akademik di satuan pendidikan tersebut.

“Mungkin kita bisa adakan juga formulasi-formulasi pembelajaran yang pantas untuk dilakukan dalam kelas. Misalnya, sistem shift dalam proses belajar mengajar. Jadi, dalam satu kelas kita bagi menjadi dua shift dan belajarnya dilakukan bergantian. Semua itu bisa kita lakukan bila Konawe ditetapkan daerah zona hijau Covid-19,” pungkas Suriyadi. (adi/adv).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy