Bupati Butur Pantau Rapid Test Massal, Semua Hasilnya Non Reaktif – Kendari Pos
Buton Utara

Bupati Butur Pantau Rapid Test Massal, Semua Hasilnya Non Reaktif

KENDARIPOS.CO.ID — Kabupaten Buton Utara (Butur) masih dalam zona hijau pandemi Covid-19. Capaian itu tak membuat, Bupati Butur Abu Hasan jemawa. Ketua PDI-P Sultra itu mengerahkan, tenaga medis untuk menyelenggarakan rapid test massal di Pasar Mina-minanga, semua hasil tes non reaktif. Hasil itu, tak mengendorkan kewaspadaan warga untuk tetap menaati protokol kesehatan.

Abu Hasan mengungkapkan, pusat perbelanjaan merupakan tempat potensial terjadi kontak langsung antara pembeli dan penjual. Olehnya itu, diselenggarakan rapid test secara massal kepada pedagang di Pasar Mina-minanga Kecamatan Kulisusu.

“Tenaga medis sebagai garda terdepan memerangi Covid-19 telah menunaikan tugas sangat mulia untuk memastikan tidak ada bibit pandemi di Lipu Tinadeakono Sara,” ujar Abu Hasan.

Rapid test harus dilakukan pada kerumunan pelayanan pusat kegiatan masyarakat. Setelah itu, menyasar jamaah pada rumah ibadah dan tempat keramaian lainnya.

“Sampel yang dites sebanyak 100 orang menggunakan rapid test sehingga bisa mewakili populasi masyarakat pasar yang jumlahnya cukup besar sehingga bisa mendapatkan gambaran secara menyeluruh bahwa pasar sudah aman. Rapid test di pasar karena rentan penyebaran sebab pengunjungnya kerap tak menggunakan masker,” tandasnya.

Sementara iru, Juru Bicara Penanganan Covid-19 Butur, dr. Ali Badar mengungkapkan, untuk memastikan bahwa sampel acak dan memenuhi populasi di Pasar Mina-minanga sebanyak 80 orang jalani tes. Hasilnya semua non reaktif. Setiap masyarakat sudah menjalani tes diberikan lembaran hasil pemeriksaan dengan bukti pemeriksaannya bisa digunakan untuk penerbangan atau masuk daerah lain.

Dokter RSUD Butur itu menambahkan, tenaga medis Covid-19 mewajibkan setiap warga Butur dari perantauan yang kembali ke Butur menjelaskan riwayat perjalanannya. Sementara yang bukan warga Butur, kata dia, harus mengantongi keterangan hasil rapid test dari asal wilayah-nya.

“Menghadapi new normal dan Butur masuk dalam kebijakan pusat diberikan rekomendasi untuk aktivitas yang produktif new normal, maka protokol kesehatan akan lebih giat laksanakan. Adapun tanggung jawab melakukan protokol kesehatan memakai masker, cuci tangan dan jaga jarak,” tandasnya. (adv/had)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy