Bupati Buton Bahas Skenario New Normal – Kendari Pos
Aneka

Bupati Buton Bahas Skenario New Normal

KENDARIPOS.CO.ID — Kabupaten Buton merupakan satu dari lima daerah di Sulawesi Tenggara (Sultra) yang masih dalam status zona hijau penyebaran Covid-19. Atas dasar itu, Pemerintah Pusat memberikan restu agar masyarakat di eks Kesultanan Buton itu tetap produktif dalam beraktivitas dengan pola baru atau new normal. Istilah new normal tersebut belum sepenuhnya dipahami maknanya oleh publik Buton.

Untuk itu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) terus menggodok skenario penerapan new normal tersebut. Rabu (3/6), Bupati Buton, La Bakry mengumpulkan seluruh jajarannya dan mengundang unsur Muspida merumuskan pola dan standarisasi kegiatan new normal dimaksud. “Saat ini kita masih rumuskan, seperti apa di Dinas PTSP, di rumah makan, di hotel dan pasar hingga sektor wisata. Pokoknya ada tujuh unsur. Bahkan sektor itu dilombakan dan akan dinilai oleh kementerian, kita siap mengikutinya,” jelas La Bakry.

Pemkab Buton terus menggodok skenario penerapan new normal dimasa pandemi Covid-19. Kemarin, Bupati Buton, La Bakry (ketiga dari kiri) dan Wakilnya, Iis Eliyanti (tengah) mengumpulkan seluruh jajarannya mengundang unsur Muspida merumuskan pola dan standarisasi kegiatan new normal dimaksud.

Menurut Buton-1 itu, pola hidup versi new normal tersebut sebagian besar sudah dilakoni masyarakat Buton. Sebab kebanyakan mereka adalah para petani dan nelayan. Aktivitasnya tidak banyak bersentuhan dengan masyarakat luar. “Dulu kan kita minta masyarakat tetap di rumah. Sekarang sudah bisa bebas beraktivitas tapi tetap dengan protokoler kesehatan. Sebenarnya kita banyak petani dan nelayan, mereka tetap kerja selama ini,” tambahnya. Masyakarat tetap diimbau untuk tidak lengah, walaupun kegiatan sudah dibebaskan kembali. “Kita diberi ruang menghidupkan ekonomi produktif, itu tujuannya. Jadi jangan sampai kita bablas, tetap waspada,” tegasnya.

Soal kapan new normal itu diberlakukan, La Bakry mengaku tetap menunggu arahan selanjutnya dari Pemerintah Pusat. Yang pasti Ia sudah menginstruksikan seluruh OPD terkait untuk menyiapkan segala sesuatunya. “Sementara dirumuskan sambil menunggu arahan selanjutnya,” ujar Bupati Buton. Untuk para pegawai pemerintahan, saat ini tetap bekerja dari rumah. Demikian juga dengan anak sekolah masih dilarang untuk bertatap muka secara langsung. “Akan kita keluarkan hasil rumusannya nanti,” janji La Bakry. (b/lyn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy