Bupati Bombana Izinkan Rumah Ibadah Dibuka Kembali – Kendari Pos
Bombana

Bupati Bombana Izinkan Rumah Ibadah Dibuka Kembali

H. Tafdil

KENDARIPOS.CO.ID — Aktivitas di rumah ibadah kini dibuka lagi. Bupati Bombana, H. Tafdil mengizinkan penggunaan Rumah Allah tersebut dengan beberapa syarat. Salah satunya penerapan protokol Kesehatan Covid-19. Langkah tersebut untuk mendukung program Pemerintah Pusat untuk menerapkan tatanan new normal di masa Pandemi Covid-19. H. Tafdil melegitimasi kebijakan tersebut melalui surat edaran Bupati Bombana nomor 443.1/898 tentang panduan kegiatan keagamaan dalam mewujudkan masyarakat produktif dan aman Covid-19 di masa Pandemi, lingkup Pemerintah Kabupaten Bombana.

“Ada syarat yang harus dipenuhi agar rumah ibadah dibisa digunakan kembali oleh masyarakat. Salah satunya pengurus harus menyurat ke Satgas Covid-19 yang isinya bahwa wilayah rumah ibadah tersebut harus bebas dari Covid-19 dan Satgas melakukan peninjauan untuk memastikannya,” kata Tafdil, kemarin. Setelah itu, pihak Satgas kemudian mengeluarkan surat layak digunakan atau tidak. Tak hanya itu protokol kesehatan juga harus dipatuhi oleh rumah ibadah dengan menyiapkan sarana cuci tangan, memberlakukan sosial distancing dan mewajibkan jamaah menggunakan masker.

“Seperti di masjid, pengurus harus siapkan sarananya. Para petugas Satgas memantau pelaksanaan kegiatan keagamaan yang akan berlangsung,” katanya.

Sementara itu, Juru Bicara Satgas Covid-19 Bombana, Heryanto, mengatakan pemanfaatan rumah ibadah tak hanya menekankan persyaratan pada pengurus saja, tapi juga ke para jamaah. Pasalnya ada beberapa yang perlu diperhatikan saat akan melaksanakan ibadah di masa pandemi seperti ini.

“Jadi masyarakat kami imbau untuk melaksanakan ibadah di masjid, gereja dan lainnya dengan memperhatikan apakah telah ada surat rekomendasi dari Satgas Covid-19 atau tidak. Kalau belum, berarti rumah ibadah itu belum layak digunakan atau tak aman dimasa Pandemi ini,” katanya. Mantan anggota DPRD Bombana itu minta, warga tetap mematuhi protokol kesehatan saat akan melaksanakan kegiatan keagamaan di rumah ibadah dan meminta agar tidak berkumpul dan berlama-lama untuk tetap memutus mata rantai Covid-19. “Hindari kontak sesama jemaah seperti jabat tangan atau berpelukan sebagai bentuk mematuhi protokol kesehatan,” tutupnya. (b/kmr)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy