BPBD Buton Bentuk Relawan Sigap Bencana – Kendari Pos
Buton

BPBD Buton Bentuk Relawan Sigap Bencana

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton melalui Badan Penanggulanan Bencana Daerah (BPBD) baru saja membentuk Relawan Sigap Bencana. Kehadiran para relawan itu akan membantu pemerintah dalam bersosialisasi dan mengedukasi masyarakat tentang pentingnya aksi-aksi pencegahan dan tanggap bencana.

Kepala BPBD Kabupaten Buton, Manafu, mengatakan, bencana yang paling diwaspadai di wilayah itu adalah banjir. Musibah itu bisa saja terjadi bila lingkungan masyarakat sudah rusak, apalagi saat ini intensitas guyuran hujan cukup tinggi. Makanya, demi efektifnya upaya pencegahan bencana, pemerintah harus melibatkan masyarakat. Itu diwujudkan melalui program Gerakan masyarakat siap dan tanggap (Germas Sigap) Bencana yang sudah dilanching beberapa waktu lalu. “Relawan Sigap Bencana ini kita sudah bentuk pada dua desa. Di Wolowa Baru, Kecamatan Wolowa dan Desa Lasembangi di Kecamatan Lasalimu. Dua lokasi ini memang langganan banjir tiap tahun. Anggotanya 25 orang yang disebar di tiga dusun,” kata Manafu, Rabu (17/6).

Mereka akan berpartisipasi aktif mengajak masyarakat untuk mencintai dan menjaga keseimbangan lingkungan. “Misalnya melakukan kerja bakti bersih-bersih, kampanye larangan buang sampah dan menebang pohon sertal lainnya,” sambung Manafu. Ia menyakini Germas Sigap Bencana itu akan efektif diterapkan dalam rangka meminimalisir potensi kerusakan alam. Selain di dua desa itu, program dalam proyek perubahan yang diusung dalam Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) II di Lembaga Adiministrasi Negara (LAN) RI Makasar itu juga akan menyasar desa-desa lain di Buton. “Lauching ketika itu dihadiri oleh DanPos SAR Baubau dan TNI-Polri. Alhamdulilah mereka sangat mendukung. Makanya, inovasi ini tentu akan kita lebarkan lagi cakupannya di desa-desa lain,” pungkas Manafu. (b/lyn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy