BKD Sultra : 1.411 Pendaftar IPDN Berebut 39 Kuota – Kendari Pos
Metro Kendari

BKD Sultra : 1.411 Pendaftar IPDN Berebut 39 Kuota

KENDARIPOS.CO.ID — Tahap pendaftaran seleksi penerimaan calon praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) telah ditutup. Dari hasil rekapan, sebanyak 1.411 peserta dari Sultra yang mencoba peruntungannya. Nantinya, mereka akan bersaing memperebutkan 39 kursi yang disiapkan. Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sultra, La Ode Mustari mengatakan minat masyarakat Sultra untuk masuk di sekolah kedinasan khususnya IPDN tiap tahun terus meningkat. Namun tahun ini, kuotanya dibatasi. Secara nasional, hanya 1.200 formasi. Sultra hanya kebagian 39 kursi.

“Penurunan kuota ini disebabkan pandemi corona. Tidak hanya Sultra, kuota provinsi lain juga ikut berkurang. Tahun lalu, kita masih dapat 55 kursi. Tapi peminat tetap tinggi. Dari ribuan pendaftar di Sultra, sebanyak 1.411 peserta yang memenuhi syarat administrasi,” beber Mustari.
Ia memastikan penjaringan calon praja IPDN kata dia, lebih transparan. Seluruh tahapan dan hasil tes bisa dilihat melalui situs resmi. Makanya, ia meminta peserta tak tergoda iming-iming kelulusan dari oknum tertentu.

“Pelaksanaan SPCP IPDN Tahun 2020 tidak dipungut biaya, kecuali pada tahap Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dikenakan biaya Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) SKD sebesar Rp 50 ribu per orang. Ini sesuai dengan ketentuan peraturan pemerintah nomor 63 tahun 2016 tentang jenis dan tarif atas jenis PNBP yang berlaku pada Badan Kepegawaian Negara (BKN),”terangnya.

Peserta yang lolos seleksi sambungnya, akan mengikuti tes. Saat ini, pihaknya masih menunggu jadwal pelaksanaan SKD. Hanya peserta yang memenuhi passing grade yang maju ke tahap selanjutnya. “Seleksi calon praja ini menggunakan sistem gugur. Kalau tidak lulus di satu tahapan, langsung dicoret. Biasanya untuk seleksi ini akan diumumkan tahapan akhirnya di September. Tapi kita juga tidak tahu sistemnya saat ini seperti apa. Sebab saat ini kita juga tengah dihadapkan dengan pandemi. Tapi kita harap semua sesuai jadwal,” pungkasnya,” ujarnya. (b/rah)

Seleksi Penerimaan IPDN
Pemberkasan 1.411 Peserta
-SKD Tunggu Jadwal
-Kuota 39 Formasi

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy