Bersama Kawal Transparansi Anggaran Covid-19, BPKP Sultra Apresiasi Peran Kendari Pos – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Bersama Kawal Transparansi Anggaran Covid-19, BPKP Sultra Apresiasi Peran Kendari Pos

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sultra, Sasono Adi (empat dari kiri) bersama jajarannya, Direktur Utama Kendari Pos, Irwan Zainuddin (empat dari kanan) didampingi Wadir Produksi Kendari Pos, Agus Tranhadi (dua dari kiri), Biro Direksi Kendari Pos, Sawaluddin Lakawa (kanan) dan Manajer Iklan Kendari Pos, Awal Nurjadin (kiri) usai diskusi dalam bingkai silaturahmi, Kamis (4/6). Foto: Abdi/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Sultra terus menjalankan tugas fungsi pengawasannya di Sultra. Lembaga yang dipimpin Sasono Adi ini bahkan membantu Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra mengawal pengelolaan anggaran Covid-19 di tengah pandemi Covid-19.

Bentuk kontribusi bantuan BPKP Perwakilan Provinsi Sultra itu yakni membantu Pemprov agar anggaran Covid-19 tersalurkan secara tepat sasaran. BPKP melakukan pengawasan pengelolaan anggaran Covid-19 di Provinsi Sultra. Hal itu disampaikan Kepala BPKP Perwakilan Provinsi Sultra, Sasono Adi dalam diskusi bersama Direktur Utama Harian Kendari Pos, Irwan Zainuddin dan jajaran manajemen Kendari Pos.

Sasono Adi mengatakan, selama ini pihaknya memantau penyaluran dana Covid yang dikelola pemerintah daerah di Sultra. Tentunya hal itu dilakukan berdasarkan tugas dan fungsi yang dimiliki BPKP yakni fungsi pencegahan, pendampingan selain dari fungsi pengawasan. Makanya ketika Pemprov Sultra melaksanakan refoccusing kegiatan dan realokasi anggaran, BPKP hadir memberikan pendampingan dan pengawasan.

Dalam diskusi bersama direksi dan manajemen Kendari Pos, Sasono Adi memuji kontribusi Kendari Pos yang melakukan pengawasan kegiatan penanggulangan dan pencegahan Covid-19 melalui publikasi koran Kendari Pos.

“Sehingga anggaran betul-betul transparan dan dapat disaksikan oleh masyarakat. Saya kira kita semua sebagai lembaga yang sama dengan fungsi berbeda mesti membantu pemerintah daereh di Sultra di tengah pandemi Covid-19 ini,”kata Sasono Adi dikantor BPKP Perwakilan Provinsi Sultra, Kamis (4/6) kemarin.

Sasono Adi menambahkan bahwa selama pandemi Covid-19, BPKP Sultra ikut mengambil peran dalam melakukan pengawasan dan monitoring akuntabilitas kebijakan penggunaan anggaran di Gugus Tugas Covid-19 Sultra. Pengawasan dan monitoring tersebut dilakukan guna mencegah adanya potensi penyalagunaan anggaran dalam hal penyaluran bantuan sosial dan refoccusing serta realokasi anggaran.

Tujuannya agar percepatan penanganan Covid-19 dijalankan gugus tugas lebih terarah dan benar. “Untuk lebih mengintensifkan hal tersebut, kami membentuk tim terpadu satuan tugas akuntabilitas dan pengawasan yang terlibat dalam gugus tugas Covid-19 Sultra,” ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Utama Harian Kendari Pos, Irwan Zainuddin mengapresiasi konsistensi tugas dan fungsi yang dilakukan BPKP Sultra. Bahkan membentuk satuan tugas (Satgas) dalam melakukan pengawasan anggaran Covid-19. Menurut Irwan Zainuddin, dengan adanya pengawasan BPKP itu maka dapat mencegah potensi pelanggaran dan penyalahgunaan anggaran Covid-19 yang dikelola lembaga pemerintah.

“Yang paling utama, terus bekerja sama dengan media massa,” ujar Irwan Zainuddin didampingi Wadir Produksi Kendari Pos, Agus Tranhadi, Biro Direksi Kendari Pos, Sawaluddin Lakawa, Manajer Iklan Kendari Pos, Awal Nurjadin. (ade/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy