Berkas dan Syarat Terpenuhi, Cetak Dokumen Kependudukan Bisa di Rumah – Kendari Pos
Wakatobi

Berkas dan Syarat Terpenuhi, Cetak Dokumen Kependudukan Bisa di Rumah

KENDARIPOS.CO.ID — Pengurusan segala dokumen-dokumen penting di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) saat ini semakin dimudahkan. Kini tak perlu lagi menunggu lama-lama untuk mendapatkan sebuah dokumen. Asal berkas dan syarat dipenuhi, masyarakat bisa mencetaknya di rumah masing-masing. Kebijakan ini baru diterapkan belum lama ini. Dinas Dukcapil Wakatobi bahkan mulai memberlakukannya pada awal bulan Mei lalu. Banyak masyarakat yang tak repot harus bolak balik ke instansi tersebut dengan urusan yang sama.

“Kita sudah mulai berlakukan pada tanggal 1 Mei. Jadi, masyarakat hanya membawa berkas saja kemudian simpan nomor telepon dan alamat emailnya,” ungkap Kepala Dinas Dukcapil Wakatobi, Abdul Rahman, Senin (1/6). Jika berkas sudah diverifikasi, maka akan dihubungi oleh petugas melalui telepon atau email. Bila seluruh berkas terpenuhi maka masyarakat boleh mencetak sendiri dokumen yang dibutuhkan tersebut.
“Kalau sudah diverifikasi maka tinggal buka email dan cetak sendiri menggunakan kertas A4,” sambungnya.

Selain kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el), akta kematian juga masih dicetak oleh Dinas Dukcapil Wakatobi. “Saat ini sudah bisa mencetak dokumen penting seperti KK, akta kelahiran, pindah keluar dan pindah masuk. KTP tetap di sini dan akta kematian juga masih dicetak di sini. Kalau yang lainnya cetak sendiri. Kan sekarang tanda tangannya sudah menggunakan barcode,” jelas Abddul Rahman.

Sayang informasi tersebut belum diketahui masyarakat luas. Pasalnya belum ada sosialisasi dari lembaga terkait. “Jadi, kita hanya sampaikan saja pada saat lagi mengurus, supaya kedepannya hanya menyetor berkas saja dan tidak repot lagi datang ke kantor. Bagi yang tidak punya email dan jaringan internet di tempatnya kurang bagus, maka mau tidak mau harus cetak di kantor,” pungkasnya. (c/thy)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy