Begini Tips Menjaga Kesehatan Mata yang Wajib Anda Ketahui – Kendari Pos
Kesehatan

Begini Tips Menjaga Kesehatan Mata yang Wajib Anda Ketahui

KENDARIPOS.CO.ID — Mata merupakan organ vital bagi manusia. Keberadaannya membuat setiap orang nyaman beraktivitas. Namun sebaliknya, jika mata sudah terganggu, maka aktivitas juga jadi kurang maksimal. Makanya, menjaga kesehatan mata menjadi sangat penting dilakukan. Sebab, bagian tubuh yang satu ini tergolong penting untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Sayangnya, tidak banyak orang yang memiliki kesadaran cukup tinggi untuk menjaga kesehatan mata. Hal itu kemudian bisa meningkatkan risiko terjadinya gangguan pada penglihatan. Menurut dr. Rizal Fadli, saat mata sudah mengalami gangguan atau masalah, cara mengatasinya mungkin tidak akan mudah. Bahkan, beberapa jenis kerusakan pada mata pun bisa saja berdampak negatif.

“Padahal, menjaga mata tetap sehat sebenarnya bukanlah hal sulit. Mengonsumsi makanan sehat hingga selalu mengenakan pelindung bisa menjadi cara untuk menjaga kesehatan mata,” ungkap dr Rizal sebagaimana dilansir dari laman Halodokter, kemarin. Memang, tidak sedikit orang yang lupa dan tidak sadar bahwa menjaga kesehatan mata adalah hal penting. Padahal, mata termasuk ke dalam lima indra terpenting dalam tubuh manusia. Merawat kesehatan mata sebenarnya mudah dan cukup sederhana.

Cara Menjaga Mata Tetap Sehat:

*Konsumsi Makanan Sehat
Asupan makanan sehari-hari ternyata bisa memengaruhi kesehatan mata. Biar indra penglihatan ini selalu sehat, cobalah untuk rutin mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin C dan E, asam lemak omega-3, zink, dan lutein. Kamu bisa mendapat kandungan nutrisi tersebut dengan mengonsumsi makanan, seperti sayuran hijau, tuna, telur, kacang-kacangan, blueberry, blackberry, dan jeruk.

*Mengurangi Penggunaan Gadget
Jangan terlalu lama menggunakan komputer, televisi atau main game. Jika pekerjaan Anda memang menggunakan komputer seharian, usahakan rutin beristirahat dengan menjauh dari layar komputer, misalnya setiap 30 menit atau satu jam, rilekslah atau berjalan-jalan sebentar selama 5 atau 10 menit. Agar mata tak kering, sering-seringlah berkedip dan sesekali alihkan pandangan mata ke luar ruangan.

*Kacamata Pelindung
Menjaga kesehatan mata salah satunya bisa dilakukan dengan menggunakan kacamata, terutama saat beraktivitas di luar ruangan atau di depan komputer. Agar mata tidak mudah rusak, kamu bisa mengenakan kacamata anti-radiasi jika harus bekerja pada waktu yang lama di depan komputer. Sementara saat beraktivitas di bawah terik matahari, pastikan selalu mengenakan kacamata hitam. Tidak hanya bergaya, mengenakan kacamata hitam bisa membantu menghambat paparan sinar ultraviolet dari matahari ke mata.

*Berhenti Merokok
Kebiasaan merokok nyatanya tidak hanya mengganggu kesehatan paru-paru dan jantung, tetapi juga bisa memicu gangguan pada mata. Asap rokok yang mengenai mata disebut bisa meningkatkan risiko terjadinya katarak, degenerasi makula, dan kerusakan saraf optik yang bisa menyebabkan kebutaan serta merusak retina.

*Cukupi Asupan Vitamin A
Mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A. Mata Anda perlu dijaga kesehatannya, antara lain dengan mengonsumsi makanan bergizi dan mengandung banyak vitamin A. Wortel, alpukat, tomat, dan pepaya merupakan sayur dan buah yang baik sekali untuk menjaga kesehatan mata Anda. Wortel mengandung senyawa beta karoten, yaitu suatu karotenoid yang dapat membantu menjaga mata agar tetap sehat. Senyawa ini juga bisa ditemukan pada labu kuning.

*Makan Sayuran Hijau
Melakukan perawatan mata dengan baik dan alami adalah mengonsumsi sayuran yang memiliki daun hijau tua seperti bayam, brokoli atau sayuran lain mengandung lutein dan zeaxanthin, yaitu dua jenis karotenoid yang diketahui bisa mengurangi risiko berkembangnya katarak serta penurunan penglihatan akibat gangguan di pusat retina. Cobalah untuk mengonsumsinya dua porsi sehari, misalnya satu porsi bayam saat makan siang dan satu porsi brokoli saat makan malam.

*Cukupi Asupan Antioksidan
Upaya menjaga kesehatan mata yang berikutnya adalah mengonsumsi antioksidan. Makanan seperti berry, jeruk, plum dan ceri dapat membantu meminimalkan kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas (seperti dari sinar UV dan polusi), serta mengurangi risiko pengerasan lensa yang dapat memicu katarak. Jadi, konsumsilah makanan yang mengandung antioksidan setidaknya 2 porsi dalam sehari.

*Mengonsumsi Asam Lemak Omega-3
Tips menjaga kesehatan mata juga bisa mengonsumsi makanan yang mengandung omega-3. Bukti menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 dari ikan tertentu seperti salmon, halibut dan tuna bisa melindungi saluran air mata, melindungi lensa, meminimalkan mata kering dan mencegah katarak. Konsumsi ikan 2-3 porsi seminggu dan mengurangi daging merah, karena diduga bisa meningkatkan risiko gangguan mata di usia tua.

*Istirahat dari Komputer
Terlalu lama menatap layar komputer atau laptop juga bisa meningkatkan risiko kerusakan pada mata. Hal ini bisa menyebabkan mata kering dan tegang, pandangan menjadi kabur, nyeri leher, sakit kepala, sakit pada bahu dan punggung, serta sulit fokus menatap kejauhan. Jika harus bekerja di depan komputer, pastikan untuk selalu mengambil waktu istirahat, yaitu dengan mengalihkan pandangan setiap 20 menit. Cobalah untuk melihat objek yang jauh di depan, tujuannya untuk mengurangi ketegangan pada mata.

*Rutin Periksa Mata
Rutin melakukan pemeriksaan pada mata juga bisa menjadi cara terbaik untuk mencegah kerusakan. Sebab, pemeriksaan mata bisa memantau kondisi bagian tersebut dan gangguan atau masalah kesehatan yang muncul bisa segera dideteksi. Disarankan bagi orang yang berusia lanjut ataupun muda, baik pria maupun wanita harus rutin memeriksakan mata ke dokter spesialis mata sekurang-kurangnya 2 tahun sekali. (hldok/jpg)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy