Bawaslu Wakatobi Tangani 54 Kasus Dugaan Pelanggaran ASN – Kendari Pos
Politik

Bawaslu Wakatobi Tangani 54 Kasus Dugaan Pelanggaran ASN

Pelanggaran ASN

KENDARIPOS.CO.ID — Aparatur Sipil Negara (ASN) dilarang ikut terlibat politik praktis. Kendati dilarang, masih saja ada oknum ASN yang ikut-ikutan mendukung dan mengkampanyekan calon tertentu. Di Wakatobi, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) setempat telah menemukan 24 kasus. Selain itu, lembaga pengawasan telah menerima 31 laporan terkait keterlibatan para abdi negara ini.

Koordinator Divisi Hukum Bawaslu Wakatobi, LD Januria mengatakan akan menindaklanjuti tiap laporan yang masuk. Namun untuk memastikan pelanggaran, terlebih dahulu laporan akan dikaji dan diplenokan bersama Panwascam. Jika memenuhi syarat, maka pihaknya akan mengambil sikap dan meneruskan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN)

“Semua temuan akan diplenokan untuk menentukan dugaan kategori pelanggarannya. Selanjutnya kami proses dan dibuatkan kajian dan diteruskan ke KASN. Jadi, yang berhak memberi sanksi itu KASN. Kami hanya menyampaikan temuan yang kami peroleh dari lapangan,” jelasnya kemarin.

Dugaan pelanggaran netralitas ASN kata dia, bermacam-macam. Mulai memberikan komentar politik, memberikan Like di media Sosial (FB), mempromosikan bakal calon melalui stiker. Termasuk mengadakan kegiatan partai politik (parpol) tertentu dengan menggunakan fasilitas pemerintah.

Ketua Bawaslu Wakatobi, LM. Arifin mengatakan temuan tersebut merupakan hasil pantauan atau pengawasan Bawaslu dan Pawascam melalui medsos FB. Yang mana, sebanyak 24 temuan dan 31 terlapor. Dari semua temuan, baru 20 temuan dan 27 orang terlapor yang sudah ditindak lanjuti oleh pihak KASN.

Hasilnya, sebanyak 5 ASN diberikan peringatan dan 22 lainnya sanksi moral. Untuk 4 temuan dan 4 orang terlapor lainnya sambungnya, masih menunggu balasan Rekomendasi KASN.

“Kami terus melakukan koordinasi dengan Panwacam dan Panwas di Desa maupun Kelurahan. Upaya ini untuk meminimalisir tindak pelanggaran. Ini merupakan bentuk keseriusan Bawaslu Wakatobi dalam melakukan pengawasan dan penindakan terhadap pelanggar yang tidak menaati aturan,” tandasnya (b/m3)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy