Bantu Pemkot, PKK Kendari Edukasi Penerapan Belajar di Rumah – Kendari Pos
Metro Kendari

Bantu Pemkot, PKK Kendari Edukasi Penerapan Belajar di Rumah

Ketua TP PKK Kota Kendari, Hj. Sri Lestari (tengah) mendorong pengurusnya membantu menyosialisasikan program belajar di rumah agar lebih efektif di salah satu kantor kelurahan di Kendari.

KENDARIPOS.CO.ID — Tim Penggerak (TP) PKK Kendari terus mengambil peran di masa pandemi. Tidak hanya membantu penyediaan Alat Pelindung Diri (APD) dan sembako, namun juga dalam mendukung pelaksanaan kebijakan belajar di rumah. Bersama jajaran pengurusnya, istri Wali Kota Kendari ini intens melakukan edukasi ke masyarakat. Agar proses belajar mengajar yang menerapkan sistem e-learning benar-benar efektif.

Ketua TP PKK Kota Kendari, Hj. Sri Lestari mengatakan peran orang tua sangat penting agar pelaksanaan belajar di rumah. Menurutnya, butuh kreatifitas orang tua untuk mengajak anak-anak beraktifitas yang bermanfaat selama masa pandemi dan beraktivitas di rumah.

Ia meminta para orang tua membuat scedule (jadwal aktivitas) anak untuk mengatur aktivitas mereka setiap hari dan tidak dilepas begitu saja. “Kalau saya memasukkan enjoy time di dalam jadwal itu, bisa diisi dengan bermain game misalnya atau aktivitas yang bermanfaat,” ungkapnya, kemarin.

Selain itu lanjutnya, para orang tua harus tau pola asuh anak dan remaja dalam keluarga dengan penuh cinta dan kasih sayang serta memberikan perlindungan terhadap anak. “Pola pengasuhan anak dan remaja yang baik dalam keluarga sekaligus memberikan masukan untuk membimbing anak-anak dengan penuh kasih sayang dalam keluarga masing-masing,” tambahnya.

Kepala Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA) LP2M IAIN Kendari, Sitti Aisyah Mu’min mengatakan banyak hal yang bisa dilakukan orang tua dalam mendampingi anak di rumah. Seperti salah satunya membantu anak mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru melalui portal belajar yang mana sudah banyak kreatifitas para guru dalam menyajikan materi pembelajaran selama proses belajar di rumah. Namun dia mengakui secara statistik kesuksesan belajar online hanya 50-60 persen.

Sesunguhnya lanjut dosen IAIN Kendari ini, belajar di rumah lebih menyenangkan dibandingkan di sekolah. Pasalnya, banyak hal yang tidak bisa dilakukan di sekolah bisa dilakukan di rumah. “Misalkan di rumah bisa belajar sambil berbaring, atau ngemil, kalau sudah capek bisa istirahat, itu tidak bisa dilakukan di sekolah. Belajar di rumah bisa dilakukan dengan fun,” jelasnya. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy