Bak Penampungan Penuh Lumpur, Pemkab Konkep Didesak Tuntaskan Persoalan Air Bersih – Kendari Pos
Konawe Kepulauan

Bak Penampungan Penuh Lumpur, Pemkab Konkep Didesak Tuntaskan Persoalan Air Bersih

KENDARIPOS.CO.ID — Warga Kecamatan Wawonii Barat, Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) mengeluhkan pasokan air bersih yang belum bisa terpenuhi hingga kini. Padahal, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konkep sudah mengelontorkan anggaran puluhan miliar rupiah untuk membangun jaringan air bersih di pusat ibu kota kabupaten itu. Warga yang tergabung dalam Aliansi Kebijakan Pemerintah mempertanyakan krisisnya pasokan air bersih di wilayah itu.

Zulkifli, warga yang tergabung dalam aliansi itu mengungkapkan, ia bersama beberapa warga menemukan adanya jaringan air bersih yang rusak dan dibiarkan begitu saja. Contohnya, jaringan distribusi menuju Desa Pasir Putih. “Kita sudah cari penyebab air bersih ini tidak sampai ke rumah warga. Ternyata jaringannya banyak yang rusak. Bak penampungan air di Desa Bukit Permai juga sudah dipenuhi lumpur,” ungkap Zulkifli saat rapat dengar pendapat (RDP) bersama pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Penata Ruang (PUPR) Konkep di DPRD, Rabu (17/6).

Di tempat yang sama, Kepala Dinas PUPR Konkep, Israwan Sulpa WRD, mengatakan, tidak semua desa di Kecamatan Wawonii Barat, tak menikmati air bersih. Proyek air bersih yang mulai dikerja 2017 lalu sudah sebagian dirasakan oleh warga. Ia mengakui adanya jaringan pipa yang rusak sehingga belum semua rumah warga dapat terlayani. “Permasalahannya saat ini, belum ada petugas yang bisa kita gaji untuk mengontrol jaringan air bersih. Tapi kami akan berusaha menyelesaikan untuk mengontrol distribusi air bersih di Pulau Wawonii,” janjinya.

Israwan menyebut, ada tiga sumber untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga di wilayah itu. Yakni di Lanowatu, Mata Baho dan Bukit Permai. Pihaknya tetap akan melakukan pemeliharaan ketika waktunya tiba. “Saat ini personel kami juga sudah melakukan pemeliharaan di bak Bukit Permai. Saya akan tetap berusaha untuk melakukan perbaikan,” jawab Israwan Sulpa. (b/san)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy