Badan Adhoc KPU Sultra Belum Diaktifkan – Kendari Pos
Politik

Badan Adhoc KPU Sultra Belum Diaktifkan

La Ode Abdul Natsir Muthalib

KENDARIPOS.CO.ID — Sejumlah tahapan Pilkada yang pernah ditunda akibat pandemi akan kembali dimulai 15 Juni mendatang. Meski begitu, anggota Badan Adhoc lingkup Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sultra yang dibekukan belum diaktifkan lagi. Belum ada kepastian kapan mereka kembali bekerja.

Ketua KPU Sultra, La Ode Abdul Natsir Muthalib mengatakan, pengaktifan Badan Adhoc mengacu pada Peraturan Komisi pemilihan Umum (PKPU) mengenai tahapan, program, dan jadwal penyelenggaraan pemilihan.

“Jika terdapat anggota PPK dan PPS tidak lagi memenuhi syarat sebagai anggota, maka KPU kabupaten/kota harus melakukan penggantian antar waktu. Skema tersebut berpedoman pada PKPU tentang pembentukan PPK dan PPS dalam penyelenggaraan pemilihan,” kata Ojo-sapaan akrab La Ode Abdul Natsir Muthalib, kemarin (3/6).

Ia menjelaskan, untuk kegiatan pelaksanaan Bimbingan Teknis (Bimtek), Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS), Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) serta Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) akan dilaksanakan melalui via daring. Hal itu upaya pencegahan penyebaran corona.

“Bimtek kali ini akan berbeda dengan penyelenggaraan pilkada sebelumnya. Sistemnya akan dilakukan secara online. Kendati demikian tidak akan memengaruhi subtansi kegiatan. Bahkan memiliki sisi positif yakni pada penghematan anggaran,” ucap pria murah senyum itu.

Katanya, bila KPU kabupaten/kota berniat menyelenggarakan Bimtek secara tatap muka, maka wajib menerapakan protokol kesehatan Covid-19. Penyelenggara harus membatasi jumlah peserta melalui penyesuaian kapasitas ruangan. Termasuk senantiasa menjaga jarak, suhu tubuh peserta normal dan wajib menggunakan alat pelindung diri khususnya masker.

“Panitia harus menyediakan sarana sanitasi yang memadai dan fasilitas kesehatan yang relevan. Tujuannya untuk mengantisipasi jika terjadi kondisi darurat,”tandasnya. (m6/b).

Pilkada Tujuh Kabupaten

-Muna, Kolaka Timur, Konawe Utara, Konawe Kepulauan, Konawe Selatan, Wakatobi dan Buton Utara
-93 kecamatan dan 1.090 desa/kelurahan.
-PPK 465 orang

  • PPS 3.269 orang
  • Sekretariat PPK 279 orang
  • Sekretariat PPS
    3.270 orang
    -Petugas KPPS 12.810 orang
  • Estimasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) sebanyak 1.830

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy