Area Pertanian Berpotensi Jadi Pemukiman – Kendari Pos
Wakatobi

Area Pertanian Berpotensi Jadi Pemukiman

KENDARIPOS.CO.ID — Meski memiliki sejumlah lahan pertanian yang dinilai berpotensi untuk dikembangkan, namun tidak sedikit area milik petani di Wakatobi justru dinilai bermasalah. Setelah dievaluasi, ada banyak lahan yang tidak bisa masuk dalam peta pengembangan. Hal itu karena lahan pertanian tersebut berpeluang jadi kawasan pemukiman.

Salah satu lahan yang saat ini belum ditetapkan adalah pengembangan bawang merah di Desa Waiti’i. Pihak Dinas Pertanian Wakatobi yang telah melakukan pemantauan hingga tahap evaluasi menilai, lahan pengembangan bawang merah tersebut terancam bermasalah. Kepala Dinas Pertanian Wakatobi, Tamrin, menyebut, meski belum ditetapkan sebagai kawasan pengembangan, petani tetap menjalankan aktivitasnya.

“Area pengembangan bawang merah di Waiti’i tidak masuk, karena setelah dievaluasi, pemiliknya terancam karena lahan akan masuk pengembangan peta. Tapi sambil jalan, saat ini belum ditetapkan,” ujarnya. Jika ternyata lahan tersebut tidak dijadikan sebagai lahan pemukiman, maka kata Tamrin bisa direvisi lagi. Agar tahun selanjutnya bisa ditetapkan dan permintaan anggaran ke Pemerintah Pusat untuk bantuan pertanian tersebut dapat dilakukan.

“Kalau sudah ditetapkan langsung dilakukan evaluasi. Sehingga lahan pertanian itu nantinya tidak akan masuk dalam pengembangan pemukiman dan tidak bermasalah,” beber Tamrin. Padahal diakuinya potensi bawang merah di Waiti’i cukup baik. Dari dulu hingga sekarang para petani bawang merah di Waiti’i tetap eksis dan hasilnya pun tak hanya dipasarkan di masyarakat lokal tapi juga ke luar darah. (c/thy)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy