Anggaran Habis Refocusing, Pilkades Serentak Wakatobi Ditunda – Kendari Pos
Wakatobi

Anggaran Habis Refocusing, Pilkades Serentak Wakatobi Ditunda

KENDARIPOS.CO.ID — Penyelenggaraan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Wakatobi tahun ini, sulit dihelat. Selain karena anggaran yang telah habis direfocusing untuk penanganan Covid-19, hingga saat ini belum ada informasi secara resmi untuk penetapan hari pelaksanaan pesta demokrasi itu. Bahkan jika memungkinkan dilakukan akhir tahun 2020, anggaran untuk Pilkades harus menunggu di APBD Perubahan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DP3APMD) Wakatobi, H. La Ode Husnan, mengakui, Pilkades akan ditunda mengingat banyak hal yang perlu dipersiapkan jika dihelat pada era pandemi. Selain anggaran umum, penyelenggaran juga harus dilengkapi alat pelindung diri (APD) yang tentunya membutuhkan anggaran tambahan dan tidak sedikit.

“Memang secara resmi belum bisa kita katakan ditunda. Namun karena melihat situasi yang ada, sangat sulit dilakukan tahun ini. Memang masih ada kemungkinannya. Tapi untuk anggarannya saja itu sudah habis direfocusing,” jelasnya, Senin (22/6). Jika tetap dilakukan setelah pemilihan kepala daerah, maka tahapan sudah harus jalan setidaknya beriringan dengan tahapan Pilkada. Sayangnya, hingga saat ini belum ada satupun tahapan Pilkades yang dilakukan.

“Sementara kalau mau jalan kecuali ada anggaran. Tapi anggaran kita sudah habis yang sebelumnya dialokasikan lebih dari Rp 1 miliar itu. Kalau mau anggaran untuk Pilkades harus diusul pada APBD Perubahan. Itupun paling dilakukan bulan Oktober dan tentu sudah sangat terlambat,” beber Husnan. Sehingga tidak menutup kemungkinan Pilkades serentak pada sekitar 40 desa di Wakatobi berpotensi berlangsung pada tahun 2021 mendatang. Apalagi, daerah juga tengah disibukkan dengan Pilkada yang bakal dihelat pada masa pandemi Covid-19. (b/thy)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy