Anggaran APD KPU Muna Capai Rp 2,71 Miliar – Kendari Pos
Politik

Anggaran APD KPU Muna Capai Rp 2,71 Miliar

Kubais

KENDARIPOS.CO.ID — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Muna mendapat tambahan anggaran Rp 2,71 miliar untuk biaya pengadaan alat pelindung diri (APD). Anggaran yang bersumber dari KPU RI tersebut dikucurkan untuk menunjang tugas-tugas penyelenggara di tengah ancaman pandemi Covid-19.

Ketua KPU Muna, Kubais menerangkan, pengadaan APD sebelumnya dikehendaki menjadi tanggung jawab Pemkab terkait. Namun atas berbagai pertimbangan, wewenang tersebut diserahkan kepada KPU. Sementara anggaran untuk APD di Pilkada Muna sendiri telah tercatat dalam sistem aplikasi keuangan antar instansi. Tetapi kesiapan penyaluran anggarannya masih akan dikoordinasikan dengan KPU RI.

“Nilai anggarannya Rp 2,71 miliar. Selebihnya soal penyaluran, kami masih menunggu,” terangnya.

Untuk pengelolaan dana tersebut, KPU Muna terlebih dahulu akan bertemu dengan Gugus Tugas Covid-19, Aparat Pengawasan Internal Pemerintah, Unit Layanan Pengadaan dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah di Muna.

KPU meminta petunjuk pengadaan barang dan jasa terutama mengenai standar harga acuan daerah dan tempat penyedia terkait APD. Hal itu untuk memastikan seluruh prosesnya dilaksanakan sesuai ketentuan. “Besok (Selasa,red) rakornya akan digelar,” kata Kubais

Sesuai petunjuk KPU RI, Kubais menyebut sejumlah APD yang akan diadakan antara lain masker, termometer gun, hand sanitizier, disinfektan, sarung tangan dan faceshield (pelindung wajah). APD tersebut akan didistribusikan kepada seluruh penyelenggara baik panitia pemilihan kecamatan, panitia pemungutan suara, petugas pemutakhiran data pemilihan maupun kelompok panitia pemungutan suara.

Ia berharap, APD dapat dibagikan sebelum masa tugas PPDP dimulai yakni 15 Juli mendatang. “Supaya penyelenggara bisa bekerja dengan safety,” terangnya.

Kubais melanjutkan, seluruh penyelenggara masih patut waspada Covid-19 menyusul status Muna yang belum benar-benar aman berdasarkan koordinasi terakhir dengan Gugus Tugas setempat.

Ia meminta seluruh anggota bekerja dengan membekali diri dengan APD sebagai upaya mitigasi dini. Kendati demikian, seluruh tugas kepemiluan harus dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab. “Kami identifikasi potensi penyebaran ada saat penyelenggara bertugas di lapangan. Makanya kami imbau tetap waspada tanpa mengabaikan sisi kualitas kerja,” pungkasnya. (ode/c)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy