Anak ASN dan Pengusaha Dicoret dari Daftar Penerima Beasiswa Bersinar – Kendari Pos
Wakatobi

Anak ASN dan Pengusaha Dicoret dari Daftar Penerima Beasiswa Bersinar

KENDARIPOS.CO.ID — Program pendidikan Bersinar yang digaungkan Bupati Wakatobi, H. Arhawi telah terealisasi sejak tahun 2017 lalu. Untuk mendapatkan bantuan ini, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Wakatobi telah menegaskan sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi calon penerima. Khusus mahasiswa tingkat starata satu (S1) dan S2 salah satu syaratnya harus memiliki IPK 3,0 keatas. Sementara, bagi murid Sekolah Dasar (SD) dan pelajar Sekolah Menegah Pertama (SMP) mesti berasal dari keluarga kurang mampu dan belum mendapatkan bantuan dari APBN.

Sayangnya, pengusulan bantuan siswa miskin (BSM) untuk SD dan SMP ini tidak hanya dari kalangan kurang mampu. Beberapa pihak sekolah bahkan memasukkan nama pelajar yang memiliki orang tua berpenghasilan tetap hingga pengusaha. Setelah masuk tahap verfikasi, tidak sedikit dari mereka yang dicoret karena tak memenuhi syarat. Kepala Dikbud Wakatobi, La Ali Wangi, mengakui, pengusulan BSM kadang tidak tepat sasaran. Pihaknya masih menemukan pihak sekolah yang mengusul nama anak yang orang tuanya merupakan pedagang atau pengusaha bahkan ada yang berstatus ASN dan karyawan swasta.

Kepala Dikbud Wakatobi, La Ali Wangi

“Makanya langsung dicoret karena tidak memenuhi syarat penerima BSM,” ujarnya, akhir pekan lalu. La Ali Wangi menyebut, sejatinya penerima BSM diprioritaskan untuk masyarakat yang kurang mampu. Apalagi sebelum program Pendidikan Bersinar, sudah ada bantaun dari pusat yang juga telah disalurkan untuk meringankan beban orang tua selama ini. Saat ini penerima BSM di Wakatobi sudah lebih dari 90 persen. “Pemkab Wakatobi berharap penyaluran bantuan pendidikan ini bisa segera tuntas,” tandas La Ali Wangi. (c/thy)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy