800 KK Tak Layak Terima BLT Diminta Sadar Diri – Kendari Pos
Kolaka

800 KK Tak Layak Terima BLT Diminta Sadar Diri

KENDARIPOS.CO.ID — Sekitar 800 kepala keluarga (KK) di Kabupaten Kolaka dianggap sudah tidak layak untuk menerima bantuan langsung tunai (BLT) dari Kementerian Sosial (Kemensos). Mereka diminta untuk sadar diri dengan tidak mengambil bantuan tersebut. Pasalnya, masih banyak warga lain yang lebih berhak mendapatkan jaring pengaman sosial tersebut, justru tak memerolehnya. “Kalau sudah tidak layak menerimanya sebaiknya jangan diambil. Karena di masa pandemi Covid-19 ini, masih banyak saudara-saudara kita yang masih sangat membutuhkan bantuan tersebut tapi mereka tidak terdata,” pesan Anggota Komisi III DPRD Kolaka, Syaifullah Halik saat ditemui Selasa (2/6).

Menurut Legislator Partai Gerindra tersebut, hal utama yang harus dilakukan Pemerintah Pusat agar bantuan tersebut tidak terus mengalir pada yang tak berhak adalah, melakukan verifikasi dan validasi data penerima. Sebab, kesalahan penyaluran bantuan tersebut bersumber dari data yang digunakan Kemensos sebagai rujukan. “Data terbarunya kan sudah ada dikirim oleh Dinas Sosial Kabupaten Kolaka. Harusnya Kemensos merujuk pada data terbaru tersebut, bukan pakai yang lama,” ujarnya.

Agar persoalan penyaluran bantuan tersebut tidak terus berlanjut, Syaifullah juga meminta bantuan para Anggota DPR RI daerah pemilihan Sultra untuk bersuara di Kemensos. “Kami sudah berapa kali menyampaikan agar Kemensos segera memverifikasi kembali data tersebut. Sebaiknya teman-teman di DPR RI membantu menyuarakan ini. Sebab kasihan pemerintah daerah yang disalahkan terus oleh warga. Padahal bantuan itu dari pusat langsung ke rekening penerima,” tuturnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, dari 10.400 KK di Kabupaten Kolaka yang mendapat BLT Kemensos, sekitar 800 KK diantaranya dinilai sudah tidak layak menerima bantuan tersebut. Sebab ekonomi mereka telah berubah. Bahkan beberapa penerima diantaranya sudah ada yang tercatat sebagai ASN dan pegawai BUMN. Dalam penyaluran bantuan tersebut, Kemensos merujuk pada data lama tahun 2007 dan 2011. (c/fad)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy