436 Hektare Sawah di Konkep Produktif, Petani Siap Panen – Kendari Pos
Konawe Kepulauan

436 Hektare Sawah di Konkep Produktif, Petani Siap Panen

Pekan depan, para petani pada dua wilayah di Konkep akan mulai memanen hasil tanaman padi mereka. Tambahan pangan tersebut akan menambah stok beras daerah.


KENDARIPOS.CO.ID — Stok beras di Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) dipastikan cukup aman. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konkep melihat, kebutuhan pangan di wilayah itu sampai September 2020 dapat terpenuhi. Apa lagi pekan depan, petani di Kecamatan Wawonii Timur Laut dan Wawonii Utara, siap melakukan panen raya. Kepala Dinas (Kadis) Pertanian Konkep, H. Muh. Tahrir, mengatakan, ada dua kecamatan yang akan melakukan panen raya dalam waktu dekat ini, di Desa Ladianta, Kecamatan Wawonii Timur Laut dan Desa Labeau, Kecamatan Wawonii Utara.

Menurutnya, Bupati Konkep, H. Amrullah akan ikut hadir dalam pesta panen yang dijadwalkan pekan depan. “Untuk suplai persiapan pangan kita, tidak akan kekurangan sampai September mendatang. Selain sawah, kami juga siapan hampir ratusan hektare padi gogo di empat kecamatan,” kata H. Muh. Tahrir, saat ditemui Jumat (26/6). Ia menjelaskan, sekira 174 hektare padi sawah yang siap dipanen pekan depan.

Petani di wilayah itu, begitu gembira karena adanya pningkatan luas tanam dan padi begitu subur. “Alhamdulillah hasil pertanian kita tahun ini khususnya di Landianta begitu meningkat. Bukan hanya luas tanamnya, tapi padinya juga sangat subur,” ujar mantan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Konkep. Di tempat yang sama, Kepala Bidang (Kabid) Tanaman Pangan Perkebunan dan Hortikultura, Distan Konkep, Iksal, mengatakan, ada 436 hektare sawah produktif yang tersebar di enam kecamatan di Pulau Wawonii.

Hanya Kecamatan Wawonii Barat yang tidak memiliki lahan persawan. “Tapi sawah-sawah yang ada saat ini padinya sudah bisa menyuplai kecamatan yang sama sekali tidak memiliki areal persawahan. Kalau padi yang mau dipanen pekan depan itu, untuk Ladianta sekitar 82 hektare sedangkan Labeau 92 hektare. Dengan kegiatan panen ini bisa mencukupi kebutuhan pangan di Konkep. Apa lagi lahan persawahan kita saat ini sudah produktif,” tandasnya. (b/san)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy