40 CJH Buteng Batal ke Tanah Suci – Kendari Pos
Buton Tengah

40 CJH Buteng Batal ke Tanah Suci

KENDARIPOS.CO.ID — Sekitar 40 calon jamaah haji (CJH) asal Kabupaten Buton Tengah (Buteng) harus memendam kerinduannya menjalankan ibadah di Tanah Suci pada tahun ini. Itu karena penundaan haji telah ditetapkan sesuai surat Kementerian Agama Republik Indonesia nomor 494 tahun 2020. Terlebih lagi kondisi pendemi Covid-19 hingga kini belum berakhir.

Kabag Kesra Sekretariat Kabupaten (Setkab) Buteng, Abdullah, membenarkan, pelaksanaan ibadah haji tahun ini memang terpaksa harus dibatalkan akibat wabah virus corona yang belum berakhir. “Untuk para CJH yang telah melunasi biaya perjalanan ibadah haji, maka setorannya akan disimpan dan dikelola secara terpisah oleh Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH). Bisa juga meminta kembali setoran pelunasan biaya hajinya. Dananya dipastikan aman walau pelaksanaan haji dibatalkan. Para CJH juga bisa mengambil kembali uangnya dan akan langsung dikirim ke rekening masing-masing,” jelas Abdullah, Rabu (17/6).

Jika para CJH tidak menarik dananya, maka tetap tercatat sebagai peserta keberangkatan tahun berikutnya. Beda halnya dengan para petugas dan pembimbing haji pada penyelenggaraan tahun 2020, dipastikan tak berlaku lagi. Mereka harus mengusulkan kembali untuk bisa berangkat. “Karena paspor dan segala admistrasi lainnya tahun ini (2020) sudah dikembalikan pada mereka,” jelasnya. Abdullah berharap para CJH tetap bersabar dan sama-sama berdoa agar wabah Covid-19, sehingga pelaksanaan ibadah haji bisa dibuka kembali. (c/rud)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy