20 Ribu KIS Warga Kolaka Dinonaktifkan – Kendari Pos
Kolaka

20 Ribu KIS Warga Kolaka Dinonaktifkan

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Pusat meluncurkan Kartu Indonesia Sehat (KIS) untuk membiayai perawatan dan pengobatan warga kurang mampu. Pada tahun 2020 ini, di Kabupaten tercatat ada 95 ribu jiwa yang mendapat fasilitas KIS. Jumlah tersebut sudah melalui verifikasi dan validasi. “Sebelumnya jumlah penerima KIS dari APBN di Kabupaten Kolaka lebih banyak dari jumlah tersebut. Setelah dilakukan verifikasi dan validasi, ada sekitar 20 ribu yang dinonaktifkan,” ungkap Kepala Seksi Pemberdayaan Sosial Dinas Sosial Kolaka, Darwis, Rabu (3/6).

Ia menjelaskan, penonaktifan 20 ribu peserta KIS tersebut dilakukan Pemerintah Pusat karena para penerimanya sudah tidak memenuhi syarat. Olehnya itu, agar pemerintah tidak melakukan pemborosan dengan terus mengeluarkan biaya untuk membayar iuran 20 ribu jiwa tersebut, maka KIS sebanyak itu dinonaktifkan.

Kepala Seksi Pemberdayaan Sosial Dinas Sosial Kolaka, Darwis.

“Mereka sudah masuk lagi di data terpadu kesejahteraan sosial. Selain itu, mereka juga tidak terdata lagi di Dinas Kependudukan dan Pencacatatan Sipil Kabupaten Kolaka karena ada yang pindah alamat dan juga meninggal dunia,” jelasnya. Darwis menambahkan, bagi warga miskin di Bumi Mekongga yang tidak memiliki KIS karena tak tercover oleh APBN tak perlu khawatir. Pasalnya di tahun 2020 ini Pemkab Kolaka melalui Dinas Sosial telah mengakomodir sekitar 25 ribu jiwa untuk mendapatkan KIS.

“Tahun ini kami anggarkan Rp 7 miliar untuk membayar iuran bulanan 25 ribu jiwa pemegang KIS tersebut. Adapun syarat untuk memperoleh KIS dari APBD ini yaitu warga miskin yang mempunyai surat keterangan tidak mampu dari Pemerintah Desa atau kelurahan,” tuturnya. Kata Darwis, warga pemegang KIS dapat menikmati fasilitas kesehatan kelas III secara gratis secara berjenjang di seluruh tanah air. “Perawatannya dimulai dari Puskesmas. Fasilitas kelas III itu obatnya sama saja dengan kelas I. Hanya yang membedakan itu ruang perawatannya,” tandasnya. (b/fad)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy