Zona Hijau, Pemkab Buton Tak Larang Warganya Salat Id Berjamaah – Kendari Pos
Buton

Zona Hijau, Pemkab Buton Tak Larang Warganya Salat Id Berjamaah

La Bakry


KENDARIPOS.CO.ID — Pelaksanaan ibadah puasa dalam bulan Ramadan tahun ini, tinggal sepekan lagi. Setelah itu, umat muslim akan menutupnya dengan perayaan Idul Fitri. Secara umum, pemerintah sudah mengeluarkan kebijakan agar salat tarawih dan Id digelar di rumah saja. Itu berkaitan dengan upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Di Kabupaten Buton, saat ini seluruhnya masih masuk dalam kategori zona hijau. Tak ada pasien dalam pemantauan (PDP) apalagi positif yang dirawat. Makanya, Bupati Buton, La Bakry, tak melarang warganya menggelar salat Id berjamaah.

“Kita mengikuti fatwa Majelis Ulama dan anjuran pemerintah. Kalau keadaan kita kondusif, tidak apa-apa salat berjamaah, apalagi penduduk kita ini homogen, ” katanya, Senin (18/5). Salat berjamaah dimaksud kata dia cukup digelar di masjid dan lapangan terdekat masing-masing.

Lebih dari itu, suami Delya Montolalu tersebut mengingatkan agar Pemerintah Desa dan Satgas Covid-19 lebih ketat mengawasi warganya. Sebelum pelaksanaan salat Id dipastikan dulu, tak ada orang baru lagi yang bergabung. Bila pun ada, itu harus dikarantina. “Sehingga yang salat juga tidak was-was. Karena virus ini bukan dari dalam, tapi dari luar. Jadi tidak boleh ada yang baru datang kemudian langsung bergabung,” tegas La Bakry.

Untuk diketahui, versi Muhamadiyah pelaksanaan Idul Fitri akan dihelat Minggu, 24 Mei. Sedangkan bagi pemerintah belum memutuskan karena berbeda metode perhitungan, hilal. (b/lyn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy