Wali Kota Kendari : Pelaksanaan Salat Idul Fitri Berjamaah Ditiadakan – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Wali Kota Kendari : Pelaksanaan Salat Idul Fitri Berjamaah Ditiadakan

KENDARIPOS.CO.ID — Suasana berbeda akan dirasakan umat Islam Kota Kendari tanggal 1 Syawal 1441 hijriah nanti. Masjid dan lapangan maupun tempat pelaksanaan salat Idul Firti yang biasanya dipadati jamaah bakal tidak terlihat. Untuk mencegah penyebaran virus corona, Pemkot Kendari terpaksa meniadakan pelaksanaan salat Id berjamaah. Instruksi ini merujuk fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Wali Kota Kendari H. Sulkarnain Kadir mengatakan pelakasanaan salat Idul Fitri tahun ini ditiadakan. Itu berdasarkan Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) nomor 14 tahun 2020 tentang penyelenggaraan ibadah ditengah wabah corona virus disease (Covid-19). “Tidak ada pelaksanaan salat id berjamaah di Kota Kendari dalam perayaan Idul Fitri tahun ini. Kondisi dilakukan lantaran wabah virus corona masih melanda kota Kendari,” kata Sulkarnain.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir.

Guna menindaklanjuti fatwa MUI lanjut Sulkarnain, pihaknya akan segera melakukan koordinasi dengan Kementerian Agama (Kemenag) Kota Kendari, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sultra dan organisasi keagamaan dan lainnya. Paling tidak, memberi imbauan kepada masyarakat agar tidak melaksanakan salat id berjamaah di tengah pandemi Covid-19 ini.

Menurutnya, itu penting dilakukan karena persoalan ibadah adalah urusan keyakinan sehingga perlu dilakukan komunikasi persuasif agar umat muslim dapat memahami kondisi saat ini, dan menerima keputusan ini dengan baik sehingga tidak melaksanakan salat id berjamaah. “Marilah masyarakat semua kita patuh dulu menahan diri dulu untuk tidak melaksanakan hal-hal yang dilarang oleh pemerintah, sebagai upaya kita menghentikan penyebaran wabah virus ini,” ujarnya. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy