Wali Kota Kendari Anjurkan Salat Ied di Rumah – Kendari Pos
Metro Kendari

Wali Kota Kendari Anjurkan Salat Ied di Rumah

Wali Kota Kendari, H. Sulkarnain Kadir

KENDARIPOS.CO.ID — Suasana perayaan Idul Fitri tahun ini di Kota Kendari agak berbeda. Masjid, lapangan maupun lokasi pelaksanaan salat ied yang biasanya dipadati jamaah tak akan terlihat. Untuk memutus rantai penyebaran covid-19, Pemkot Kendari meminta masyarakat khususnya umat Islam melaksanakan salat ied di rumah bersama keluarga.

Wali Kota Kendari, H. Sulkarnain Kadir mengungkapkan berdasarkan hasil pertemuan dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI), Forkopimda dan ormas islam yang diwakili Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah, sepakat untuk tidak melaksanakan salat idul fitri secara berjamaah di lapangan, masjid atau musholah.

“Tidak ada pelaksanaan salat id berjamaah di Kota Kendari dalam perayaan Idul Fitri tahun ini. Kondisi dilakukan lantaran wabah virus corona masih melanda kota Kendari. Masyarakat bisa melaksanakan salat id bersama keluarga dirumah masing-masing,” kata Sulkarnain, kemarin.

Menurutnya, itu penting dilakukan karena persoalan ibadah adalah urusan keyakinan sehingga perlu dilakukan komunikasi persuasif agar umat muslim dapat memahami kondisi saat ini, dan menerima keputusan ini dengan baik sehingga tidak melaksanakan salat id berjamaah. “Marilah masyarakat semua kita patuh dulu menahan diri dulu untuk tidak melaksanakan hal-hal yang dilarang oleh pemerintah, sebagai upaya kita menghentikan penyebaran wabah virus ini,” ujarnya

Mencermati situasi terkini penyebaran Covid-19 yang semakin meningkat, pihaknya pun bersama perwakilan ormas dan forkopimda telah mengeluarkan maklumat yang harus dipatuhi oleh masyarakat. Adapun maklumat yang dimaksud yakni meminta seluruh pengelola masjid dan Pengurus Hari Besar Islam (PHBI) se-Kota Kendari agar tidak menyelenggarakan pawai takbir dan tidak memfasilitasi penyelenggaraan Salat Ied di masjid, musholah, tanah lapang dan sejenisnya sampai terbit keputusan pemerintah yang menyatakan keadaan telah aman.

“Bagi umat Islam yang menyelenggarakan Salat Idul Fitri dihimbau untuk melaksanakannya bersama anggota keluarga di rumah masing-masing sesuai tuntunan pelaksanaan shalat yang dikeluarkan oleh MUI. Kegiatan seremonial, open house, halal bi halal, dan ziarah ke taman pemakaman umum ditiadakan. Sedangkan kegiatan silaturahmi antar keluarga dapat dilakukan melalui medsos, videocall, teleconference, atau dapat dilakukan secara terbatas mengikuti protokol kesehatan dalam rangka penyebaran virus,” jelasnya.

Untuk pendistribusian zakat, infak, dan sedekah dilakukan oleh Baznas maupun amil zakat masjid dengan menghindari kerumunan massa atau dengan cara mengantarkan langsung ke rumah para penerima zakat. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy