Wali Kota Kendari Ajak Masyarakat Salurkan ZIS Lewat Baznas – Kendari Pos
Metro Kendari

Wali Kota Kendari Ajak Masyarakat Salurkan ZIS Lewat Baznas

KENDARIPOS.CO.ID — Kurang dari sepuluh hari lagi umat muslim akan merayakan hari kemenangan, hari raya Idul Fitri. Namun sebelum itu, masyarakat muslim di wajibkan untuk menunaikan zakat fitrah. Agar penyalurannya merata dan tepat sasaran, Wali Kota Kendari, H. Sulkarnain Kadir mengimbau masyarakat menyalurkan pembayaran zakat melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).

“Kami mengimbau masyarakat dan ASN menyalurkan zakatnya kepada lembaga yang mengurusi yakni Baznas sehingga bisa disalurkan kepada orang yang benar-benar tepat menerimanya,” ujar H. Sulkarnain Kadir, Wali Kota Kendari.

Bagi ASN khususnya di Sekretariat Daerah bisa menyalurkan kewajiban membayar zakat melalui desk pelayanan yang disiapkan pengurus Baznas Kota Kendari. “Menunaikan zakat merupakan satu kewajiban bagi umat muslim dan jika dana umat baik dari zakat, infaq dan sadaqah benar-benar dikelola dan yang mengelola amanah, tentu akan maksimal manfaatnya,” kata Sulkarnain.

Kepala Baznas Kota Kendari, Alimuddin mengatakan, pembukaan desk pelayanan Baznas di Kota Kendari merupakan salah satu upaya Baznas untuk memaksimalkan penerimaan zakat terutama di kalangan ASN. “Kami juga melakukan sosialisasi ke dinas atau instansi pemerintah termasuk melakukan ajakan secara personal kepada masyarakat agar mereka menyalurkan kewajibannya kepada lembaga resmi,” tuturnya.

Periode I tahun 2020, pihaknya telah menyalurkan zakat, Infak dan Sedekah (ZIS) sebesar Rp. 195 juta kepada 700 lebih warga Kota Kendari. Zakat ini diperuntukan bagi petugas kebersihan, penyandang disabilitas, petugas cleaning servis serta kepada para pedagang kaki lima pemberdayaan ekonomi produktif (Modal Usaha).

Rinciannya, sebanyak 645 petugas kebersihan dengan total dana sebesar Rp. 161 juta, 23 penyandang disabilitas sebesar Rp 5,57 juta, 12 petugas cleaning servis Rp. 3 juta serya 25 pegadang kaki lima berupa modal usaha Rp 25 juta. “Dana ini terkumpul dalam kurun periode Januari-Maret 2020, dengan total dana sebesar Rp. 219 juta. Sedangkan total dana yang kita salurkan sebesar Rp. 195 juta. Makanya, dana kas tersisa Rp. 24 juta,” jelasnya. (b/ags)

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy