Wakili Indonesia Timur, Sulkarnain Paparkan Penanganan Covid-19 – Kendari Pos
Nasional

Wakili Indonesia Timur, Sulkarnain Paparkan Penanganan Covid-19

KENDARIPOS.CO.ID — Kinerja Wali Kota Kendari H. Sulkarnain Kadir dalam penanganan covid-19 perlu diapreasiasi. Setelah menduduki peringkat pertama se-Sulawesi versi Media Survei Nasional (Median), kini Sulkarnain dipercaya mewakili Kabupaten/Kota se Indonesia Timur untuk menjadi panelis dalam launching program “Aksi Bersama Bantu Sesama” yang dilaksanakan Indonesia Creative Cities Network (ICCN).

Acara yang diberlangsung secara online dan disaksikan langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Wishnutama Kusubandio serta seluruh Bupati/Wali Kota dan Gubernur se-Indonesia.

Dihadapan audience, Sulkarnain mengaku dirinya hanya bekerja semaksimal mungkin untuk menghindarkan masyarakat dari penularan Covid-19. Pada kesempatan itu pula, ia memaparkan sejumlah kegiatan yang selama ini sudah dilakukan Pemkot Kendari dalam upaya penanganan dan pencegahan covid-19.

Sejak 15 Maret 2020 lanjutnya, Pemkot Kendari sudah membentuk Gugus Tugas penanganan Covid-19 sampai ke tingkat RT/RW yang tugasnya membantu penyusunan base data dan pengawasan. Ini sangat membantu kami dalam hal pendataan pada masyarakat yang terdampak sehigga pemerintah bisa semakin responsif lagi dalam penanganan,” kata Sulkarnain.

Upaya lainnya, lanjut Sulkarnain, pihaknya sudah menyalurkan sekitra 53 ribu paket sembako kepada masyarakat terdampak covid-19, dengan nilai sembako sesuai angka kelahiran Kota Kendari yakni senilai Rp.189 ribu per paket. “Tak lupa pula kami sudah memberikan perlindungan asuransi bagi tenaga medis dan relawan sebagai garda terdepan penanganan Covid-19,” bebernya.

Sementara untuk menghindari maraknya hoax (berita bohong) di Media Sosial (Medsos), pihaknya melalui Dinas Kominfo Kota Kendari selalu mengupdate informasi terkini seputar covid-19 di Kendari setiap pukul 17.00 wita. “Kami lakukan sejak 20 Maret sehingga masyarakat bisa punya sumber informasi yang bisa diikuti dan bisa dipertanggungjawabka,” jelasnya.

Di sisi lain, pihaknya bekerjasama dengan Kodim 1417 Kendari membuat takjil Drive Thru. Adapun tujuan dari Drive Thru ini adalah sebuah wahana atau spot dimana masyarakat yang melintas bisa mengambil takjil secara gratis.

Diakhir pemaparannya, Ketua DPC PKS Kota Kendari itu tak lupa mengucapkan terimakasih kepada ICCN dan teman ekonomi kreatif Kota Kendari yang sudah banyak memberi masukkan kepada pemerintah untuk mengembangkan ekonomi kreatif di Kota Kendari.

Selain Sulkarnain, beberapa perwakilan daerah yang berhasil dalam penanganan Covid-19 juga bertindak sebagai panelis dalam kegiatan tersebut. Mereka adalah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur Riau H. Syamsuar, Bupati Sleman Sri Purnomo dan Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri.

ICCN adalah organisasi simpul forum lintas komunitas kreatif dengan jejaring di seluruh kabupaten/kota di Indonesia telah melakukan berbagai kegiatan untuk penanganan penyebaran Covid-19, serta merancang sebuah program terpadu. Adapun program “Aksi Bersama Bantu Sesama” merupakan upaya ICCN bersinergi membantu pemerintah dalam mewujudkan pemulihan pasca pandemi, terutama bagi para pelaku dan komunitas dalam beragam sektor. (b/ags)

Laman: 1 2 3

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy