Usut Kasus Tambang di Sultra, Bareskrim Polri Kerahkan Delapan Pamen – Kendari Pos
Hukum & Kriminal

Usut Kasus Tambang di Sultra, Bareskrim Polri Kerahkan Delapan Pamen

KENDARIPOS.CO.ID — Kasus penyalahgunaan atau pelanggaran izin pertambangan di Sultra mendapat perhatian serius Bareskrim Mabes Polri. Buktinya, Bareskrim menugaskan delapan perwira menengah (Pamen) melakukan penyidikan. Ini merupakan kali kedua Tipidter Bareskrim Polri turun. Sebelumnya, tim ini telah melakukan penyelidikan sejumlah tambang di Konawe Utara (Konut). Kedatangan kali ini sedikit berbeda. Pasalnya, delapan penyidik Bareskrim datang bersama direktur salah satu perusahaan tambang.

Kapolda Sultra Brigjen Pol Merdisyam mengatakan kedatangan tim Bareskrim Polri guna menindaklanjuti penyidikan kasus penambangan di kawasan hutan lindung. Tim penyidik akan mengumpulkan dan melengkapi berkas selama 90 hari. Hingga kemarin, waktu yang tersisa tinggal 38 hari.

“Tim penyedikan Baresmrim datang dengan mencarter pesawat. Mereka sudah mengikuti protokoler kesehatan, diperiksa di Jakarta maupun petugas KKP plus rapid test,” kata Kapolda kemarin.

Hingga kini, tim Mabes Polri melakukan penyidikan lanjutan. Apakah ini berkaitan dengan Direktur PT Bososi Pratama, ia mempersilahkan untuk ditanyakan langsung ke penyidik. “Kami tidak tahu soal itu, karena penyidikannya ditangani Mabes Polri,” ujarnya.

Wakil Ketua DPRD Sultra, Muhamad Endang berharap pengusutan kasus ini yang dilakukan tim penyidik Mabes Polri lebih transparan dan tegas. Penyidik harus mengusut proses ini sampai ke penuntutan. Apalagi hingga kini, ia belum pernah mendengar kasus kejahatan lingkungan yang disidik oleh Polda Sultra maupun institusi lainnya di Sultra.

“Saya kira ini kesempatan penyiduk menindak tegas pelakunya. Kalau bisa kasus kejahatan lingkungan yang sedang diusut Mabes Polri di Sultra dapat ditindaklanjuti sampai ke tahap penuntutan di Pengadilan,” tegasnya. (b/ade)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy