UHO Terapkan TPS di UTBK, Peserta Bisa Ikut Satu Kali Tes – Kendari Pos
Edukasi

UHO Terapkan TPS di UTBK, Peserta Bisa Ikut Satu Kali Tes

Mahsiswa baru UHO saat mengikuti pendidikan bela negara pada waktu lalu.

KENDARIPOS.CO.ID — Penerimaan Calon Mahasiswa Baru (Camaba) Tahun Ajaran (TA) 2020/2021 di Universitas Halu Oleo (UHO) melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), pelaksanaan Ujian Tes Berbasis Komputer (UTBK) 2020 oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) disederhanakan hanya melalui tes potensi skolastik (TPS).

Wakil Rektor (WR) I, Dr. La Hamimu mengatakan, TPS akan disesuaikan dengan faktor pembobotan sub tes berdasarkan Program Studi (Prodi) yang diambil, setiap peserta hanya diizinkan maksimal mengambil 1 kali tes yang pelaksanaannya dilakukan 4 sesi setiap hari kecuali Jumat yakni 2 sesi.

Ia menjelaskan, TPS sendiri sudah mengukur kemampuan kognitif yang dianggap penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi. Dalam TPS diuji kemampuan penalaran umum, kemampuan kuantitatif, pengetahuan, pemahaman umum serta kemampuan memahami bacaan dan menulis.

“Jadi dikemampuan kuantitatif akan mencakup Pengetahuan dan penguasaaan matematika dasar. Pada TPS, sebagian soal disajikan dalam Bahasa Inggris,” ujarnya, Selasa (26/5).

2020 ini, sambungnya, pendaftaran UTBK dan SBMPTN dilakukan secara bersamaan yakni 2 – 20 Juni 2020. Sedangkan pelaksanaan UTBK 5 – 12 Juli 2020, kebijakan ini diambil tidak lain karena kondisi masa pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) di Indonesia yang belum membaik. “Jadi untuk pengumuman hasil SBMPTN dilaksanakan pada 25 Juli 2020,” ujarnya.

Padahal sebelum pandemi, kata La Hamimu, pendaftaran Camaba 2019 lalu, pendaftaran UTBK dan SBMPTN itu waktunya berbeda. Ditambah lagi bisa mengambil lebih dari 1 kali tes untuk mendapatkan nilai UTBK yang diinginkan untuk bersaing di SBMPTN.

Ia berharap, Camaba telah melakukan registrasi dan buat akun di LTMPT untuk UTBK dan SBMPTN, sejak 7 Februari sampai 5 April 2020. Dan berniat memilih UHO sebagai pilihan melanjutkan pendidikan tingginya agar selalu aktif mencari informasi.

“Saya berharap, Camaba yang ingin mendaftar di UHO, tidak terpengaruh informasi yang tidak jelas. Melainkan aktif memantau perkembangan di website UHO yakni uho.ac.id atau di laman resmi LTMPTN,” pungkasnya. (b/idh)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy