Tingkatkan Takwa, Peduli Sesama, Oleh: H. AS Tamrin – Kendari Pos
Bau-bau

Tingkatkan Takwa, Peduli Sesama, Oleh: H. AS Tamrin

H. AS Tamrin

KENDARIPOS.CO.ID — Bulan suci ramadan di tengah wabah virus korona (Covid-19) menjadi sejarah dan cerita tersendiri bagi umat Islam. Berbagai kegiatan ibadah dijalankan tak biasa, karena diajurkan dilaksanakan di rumah. Semua itu sebagai upaya memutus mata rantai sebaran Covid-19.

Wabah Covid-19 jangan menjadi alasan untuk kita tidak menjalankan ibadah ramadan. Pelaksanaan salat fardu, salat tarawih, puasa, tilawah dan ibadah lainya harus tetap kita jalankan. Ramadan ditengah pandemi ini kita jalani dengan penuh cobaan, tetapi harus tetap semangat dan lebih meningkatkan ketawaan kita kepada Allah SWT memupuk rasa kepedulian antara sesama sebagaimana terkandung dalam nilai-nilai falsafah P05 yaitu popia-piara (saling memelihara), pomamasiaka (saling menyayangi), poangka-angkataka (saling mengangkat harkat), pomae-maeakan (saling menghargai) dan pobinci-binci kuli (toleransi).

Banyak dampak yang ditimbulkan dari pandemi ini. Ditengah ramadan yang kita jalani, banyak saudara-saudara kita yang menjadi korban keganasan Covid-19. Tidak sedikit pula yang terdampak dengan kehilangan pekerjaan dan mata pencaharian. Sehingga semua ini menjadi momentum untuk kita peduli dan menolong antara sesama. Termasuk kepada saudara-saudara kita tim medis yang menjadi garda terdepan melawan wabah ini. Kemudian kita harus lebih meningkatkakan pendekatan diri kepada Allah SWT.

Dalam kondisi yang seperti ini, rasa kebersamaan dan empati kepada sesama sangat dibutuhkan. Semua itu telah tercermin dalam prinsip-prinsip nilai budaya PO5.Kita harus saling membutuhkan dan harus mendukung satu sama lain untuk tetap menjalankan ibadah ramadan dan memeragi wabah virus corona. (ahi/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy