THR ASN Dibayar Seminggu Sebelum Lebaran, Pemkot Siapkan Rp 27,27 Miliar – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

THR ASN Dibayar Seminggu Sebelum Lebaran, Pemkot Siapkan Rp 27,27 Miliar

KENDARIPOS.CO.ID — Rasa penasaran Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemkot Kendari dan Pemprov Sultra kini terjawab. Tunjangan Hari Raya (THR) yang selama ini ditunggu-tunggu bakal segera dicairkan. Khusus di Pemkot, dana sekitar Rp 27,27 miliar telah disiapkan. Rencananya, THR akan dibayarkan seminggu sebelum hari raya Idul Fitri. Wali Kota Kendari, H. Sulkarnain Kadir mengatakan pembayaran THR telah mendapat lampu hijau dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Hal ini tertuang dalam Surat Menteri Keuangan tertanggal 30 April 2020 yang ditujukan kepada Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB).

“Apa yang diputuskan oleh pemerintah pusat, tentu sebagai bagian daripada sistem kita harus patuh. Alhamdulillah, ASN kita bisa terima THR tahun ini. Mudah-mudahan bisa bermanfaat dan tentunya bisa jadi motor agar ASN bisa lebih giat dalam bekerja dan melayani masyarakat,” tutur Wali Kota.

Sementara itu, Kepala BPKAD Kota Kendari, Fauziah A. Rahman telah mendapat bocoran bahwa pembayaran THR dasar perhitungannya adalah 2 bulan gaji sebelum penerimaan THR. Asumsinya dihitung gaji ASN pada April. “Hanya saja, RPP (Rancangan Peraturan Pemerintah)-nya belum keluar,” ungkapnya. THR ASN Pemkot Kendari kata dia, sudah dianggarkan dalam APBD Kota Kendari. Untuk itulah, ASN tidak perlu khawatir terhadapa isu yang beredar tunjangan tersebut tidak dibayarkan akibat covid-19. Besaran THR ASN, sebesar Rp 27,27 miliar atau lebih kecil dari gaji bulan April sebesar Rp 27,3 miliar. Sebab pejabat eselon I dan II tidak menerima THR. Makanya, ada selisih sekitar Rp 268 juta.

“Semua ASN Pemkot kecuali yang eselon I dan II . Pembayarannya akan dilakukan seminggu sebelum hari raya Idul Fitri. Kalau covid itu sudah ada anggaran tersendiri yangn disiapkan pemkot yang bersumber dari realokasi APBD. Sedangkan bagi pensiunan, THR-nya melekat pada APBN dan untuk pembayarannya langsung dari pusat ke penerimanya (pensiunan, Red),” bebernya. Di Pemprov Sultra, Wakil Gubernur (Wagub) Sultra, Lukman Abunawas memastikan pembayaran THR akan dilaksanakan sebelum lebaran. Namun THR hanya diperuntukan bagi pejabat eselon III ke bawah. “Jadi, THR hanya diberikan untuk staf golongan I, II dan III. Ada juga golongan IV namun dengan beberapa pengecualian. Kalau eselon I dan II tidak,” jelasnya.

Kebijakan pemeritah menyangkut pemberian THR sambungnya, sudah cukup adil dan proporsional. Tentunya, hal ini telah melalui pertimbangan. Misalnya, ASN golongan IV tak diklasifikasikan dengan para pejabat tinggi. Sebab take home pay-nya hanya nol koma sekian dari para pejabat tinggi. (b/rah/ags)

Pembayaran THR
-Pemkot Siapkan Anggaran Rp 27,27 Miliar
-Pemprov Anggarannya Ada, Nominal Belum Jelas
-Penyalurannya Seminggu Sebelum Lebaran
-Juknis Tertuang Surat Kemenkeu 30 April 2020
-THR Pensiunan Melekat di APBN

Penerima THR ASN Lingkup Kota Kendari
Eselon III 167 Pegawai
Eselon IV 865 Pegawai
Staf 4.999 Pegawai
Total 6.031 Pegawai

Sumber Data : BPKAD Kota Kendari

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy