Terapkan Protokol Covid-19, PT. Dharma Lautan Utama Baubau Siap Sambut ‘New Normal’ – Kendari Pos
Bau-bau

Terapkan Protokol Covid-19, PT. Dharma Lautan Utama Baubau Siap Sambut ‘New Normal’

KENDARIPOS.CO.ID — PT. Dharma Lautan Utama (DLU) Cabang Baubau sebagai operator kapal KM. Dharma Ferry 3 pengangkut penumpang dan kendaraan rute Baubau – Makasar, antusias menyambut penerapan tatanan kenormalan baru atau ‘New Normal’ yang direncanakan dibuka Juni 2020.

“Kami sangat siap. Apalagi selama ini kan PT Dharma Lautan Utama telah menerapkan protokol kesehatan pencegahan penularan COVID-19, bahkan sangat ketat. Jadi bagi kami itu sama sekali bukan sebuah persoalan. Dan kami sadar ruang lingkup kerja sangat rentan tertular,” kata Manajer Cabang PT. DLU Bau bau, Agus Supriyanto, Minggu, (31/5/2020).

Salah seorang ABK, KM. Dharma Ferry 3 melakukan penyemprotan disinfektan disetiap ruangan kapal.

Ia menjelaskan, dalam situasi saat ini sebagian besar perusahaan jasa pelayaran memang mengalami keterpurukan akibat pembatasan dan pengetatan lalulintas orang. Meski begitu, PT. DLU masih mampu berbuat lebih termasuk memberikan kontribusi ke pemerintah dalam rangka memutus rantai penyebaran covid 19.

Kata dia, protokol kesehatan untuk mencegah virus corona harus dimulai dengan memproteksi seluruh Sumber Daya Manusia (SDM ), baik yang ada didarat maupun dikapal dengan menjaga imunitas dan melengkapi Alat Pelindung Diri (APD) sesuai telah standar. “Prosedur penyemprotan disinfektan di seluruh ruangan, pemeriksaan suhu tubuh setiap karyawan dan pelanggan, mencuci tangan dan sosialisasi pencegahan Covid-19 juga dilakukan melalui pemutaran video dan banner yang kita sediakan di kantor, kapal maupun terminal pelabuhan,” sambung Agus.

Karyawan PT DLU melaksanakan olahraga bersama. Aktifitas ini rutin dilaksanakan.

Saat bertugas, lanjut dia, karyawan diwajibkan menggunakan APD sesuai standar keselamatan kesehatan dan menjaga imun tubuh dengan rutin minum jamu, vitamin serta jus buah. Kemudian, setiap karyawan, anak buah kapal maupun penumpang diwajibkan menggunakan masker dan melaksanakan ‘physical distancing’ atau menjaga jarak. Dan PT DLU juga menyiapkan ‘Hand Sanitizer’ bagi pelanggan.

“Setiap pukul 10.00 Wita, seluruh karyawan berjemur selama 15 menit serta di kapal para ABK mengajak pelanggan berjemur sebagai upaya meningkatkan daya tahan tubuh,” jelasnya.

Penerapan protokol kesehatan di kapal dan di kantor cabang menjadi sebuah kebutuhan di lingkungan PT. DLU sesuai petunjuk pemerintah dan WHO. “Bahkan dengan menambahkan pemberian vitamin dan jamu. Itu semua bertujuan melindungi karyawan dan pelanggan kami yang terhormat,” bebernya.

Agus berharap wabah Covid-19 segera berakhir sehingga semua aktifitas kembali normal seperti hari-hari sebelumnya. “Banyak pelajaran yang diberikan dari virus corona seperti pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan. Dan mari berdoa agar wabah ini berlalu,” tutupnya. (amel)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy