Tenaga Analis Uji Sampel Covid-19 Terbatas – Kendari Pos
Metro Kendari

Tenaga Analis Uji Sampel Covid-19 Terbatas

KENDARIPOS.CO.ID — Uji swab tak perlu lagi dikirim ke Makassar. Kini, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bahteramas telah memiliki peralatan PCR dan TCM. Hanya saja, uji sampel belum bisa dilakukan secara maksimal di RS plat merah ini. Pasalnya, tenaga analis masih sangat terbatas.

Penanggung Jawab Laboratorium RS Bahteramas, dr Fedelia mengatakan tenaga analis yang menguji sampel Covid-19 hanya lima orang. Padahal laboratorium telah memiliki alat TCM dan PCR. “Kami bekerja dengan lima tenaga analis, itupun hanya satu shift dari jam 8 pagi hingga sore (8 jam kerja). Kami rasa ini akan kurang apalagi akan diberlakukan dua shift,” katanya kemarin.

Jika diberlakukan dua shift kata dia, secara otomatis tiap shiftnya perlu enam tenaga analis. Sementara ada dua alat TCM dan PCR yang difungsikan. Selain itu, tidak menutup kemungkinan, Lab Bahteramas menerima sampel dari luar Sultra. Sehingga sampel bisa lebih banyak lagi.

“Jadi kalau kami mau bagi dua shift itu, satu shift minimal enam orang. Dimana perlu tenaga analis sekira 18 orang. Sebab, ada waktu satu tim perlu istirahat,” terangnya.

Direktur RSUD Bahteramas, dr. Hasmuddin mengakaui jumlah tenaga analis untuk pengujian sampel terbatas. Mengatasi kekurangan tenaga analis, pihaknya telah bertemu dengan Wakil Wali Kota Kendari, Hj Siska Karina Imran membahas terkait kekurangan itu.

“Jadi, Pemkot sudah siapkan tenaga jika dibutuhkan. Makanya, saya menunggu usulan dari para dokter penanggung jawab di laboratorium. Berapa banyak sih dan berapa sampel yang kita periksa. Kalau memang itu membutuhkan tenaga tambahan. Secara otomatis saya akan koordinasi dengan dinas kesehatan baik itu Dinkes Provinsi maupun Kota Kendari,”jelasnya. (c/rah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy