Tanggap Refocussing APBD, Pemkab Konsel Lolos Sanksi Menkeu – Kendari Pos
Konawe Selatan

Tanggap Refocussing APBD, Pemkab Konsel Lolos Sanksi Menkeu

Surunuddin Dangga


KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel) luput dari sanksi Menteri Keuangan (Menkeu). Laporan refocusssing APBD 2020 dinilai tepat waktu dan sesuai beleid Pemerintah Pusat membuat Pemkab Konsel bisa bernafas lega tanpa khawatir mengalami penundaan transfer dana alokasi umum (DAU).

“Kita aman dari penundaan DAU. Untuk itu saya juga mengucapkan terima kasih pada semua OPD di Konsel yang bahu membahu menjalankan semua arahan di bidang keuangan saat pandemi ini,” ungkap Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga, Selasa (5/5).
Diakui, dalam proses refocusssing APBD Konsel 2020 tersebut, dirinya memang all out memonitor semua OPD dalam mengejawantahkan arahan Pemerintah Pusat tersebut.

Konsel-1 itu mengungkapkan, dengan tepat waktunya transfer DAU bulan Mei 2020, sejumlah item anggaran bisa dibiayai, baik itu untuk tindakan tanggap Pandemi Covid-19 juga untuk item anggaran lain. Seperti diketahui, sanksi turun bagi Pemerintah Daerah (Pemda) yang dianggap lamban dalam menindaklanjuti instruksi pusat tersebut. Menteri Keuangan memberi sanksi menunda penyaluran sebagian DAU pada Pemda yang belum menyampaikan Laporan Penyesuaian APBD tahun 2020. Juga bagi Pemda yang telah menyampaikan Laporan Penyesuaian APBD Tahun 2020 namun belum sesuai ketentuan SKB dan PMK No.35/2020. Sehingga bagi daerah yang dimaksud tidak menerima DAU pada Mei 2020. (b/kam)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy