Tak Ada THR Bagi Legislator dan Eselon II – Kendari Pos
Muna

Tak Ada THR Bagi Legislator dan Eselon II

KENDARIPOS.CO.ID — Aparatur sipil negara (ASN) di Kabupaten Muna dipastikan tetap akan menerima tunjangan hari raya (THR) pada bulan ini. Namun kebijakan tersebut hanya untuk mereka yang bergolongan III ke bawah. Tidak berlaku bagi pemangku jabatan tinggi pratama (JTP) eselon II dan anggota legislatif. Penyaluran THR kini sedang menunggu petunjuk pelaksanaannya.

Klasifikasi penerima THR telah tercantum dalam surat Menteri Keuangan nomor S-343/MK/.02/2020. Sesuai surat tersebut, penerima THR di Muna berdasarkan data Badan Kepegawaian dan Peningkatan Sumber Daya Manusia antara lain ASN eselon III sebanyak 191 orang, eselon IV 679 orang dan non eselon mencapai 5.541 orang. Sedangkan eselon II yang tidak menerima THR hanya berjumlah 35 orang ditambah 30 anggota DPRD Muna.

Jumlah itu tidak termasuk Bupati dan Wakil Bupati. “Data itu belum termasuk PNS dengan status titipan. Tetapi jumlahnya tidak banyak. THR juga termasuk untuk pensiunan,” kata Amrin Fiini, Kepala BPKAD Kabupaten Muna, kemarin. Ia melanjutkan, klasifikasi penerima THR hanya berdasarkan jabatan eselon. Sedangkan PNS dengan pangkat golong IV tetap akan menerima kebijakan serupa. Nominal THR sendiri mencakup gaji pokok, tunjangan keluarga dan tunjangan jabatan atau tunjangan umum. Pemkab sendiri sudah menyiapkan dana sekitar Rp 24 miliar.

“Kami belum bisa pastikan rincian penghematan anggaran atas klasifikasi penyaluran THR itu,” terang Amrin Fiini. Kebijakan THR tersebut baru diputuskan melalui surat Menteri Keuangan dan belum diikuti petunjuk pelaksanaan bagi daerah. Makanya, kemungkinan penyaluran THR baru dapat dilaksanakan menjelang lebaran. Ia berharap, THR dapat menjadi instrumen jaring pengaman sosial ditengah pandemi saat ini. “Mungkin minggu ini Juklak keluar dan secepatnya ditransfer,” imbuhnya. (b/ode)

Penerima THR di Pemkab Muna :

  • ASN eselon III : 191 orang
  • Eselon IV : 679 orang
  • Non eselon : 5.541 orang
  • *) Jumlah itu tidak termasuk Bupati dan Wakil Bupati dan PNS berstatus titipan.
  • Pemkab Muna sudah menyiapkan dana sekitar Rp 24 miliar.
  • Yang tak menerima THR :
  • Pejabat Eselon II : 35 orang
  • Anggota DPRD : 30 anggota
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy