Tahapan Pilkada Masih Tunggu Revisi PKPU – Kendari Pos
Politik

Tahapan Pilkada Masih Tunggu Revisi PKPU

La Ode Abdul Natsir Muthalib

KENDARIPOS.CO.ID — Presiden Jokowi telah menerbitkan Perppu No. 2 tahun 2020 tentang Pilkada. Namun Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) No. 16 tahun 2019 tatang tahapan Pilkada masih proses revisi Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

Ketua KPU Sultra La Ode Abdul Natsir Muthalib mengatakan, saat ini kami masih menunggu hasil revisi PKPU tentang tahapan Pilkada yang ditunda selama 70 hari. Pekan depan KPU RI akan melakukan uji publik, dengan mengundang pemerintah, Parpol, Bawaslu dan stakeholder terkait untuk ikut berpartisipasi dalam pembahasan revisi tahapan pilkada.

“Kita tunggu saja bagaimana perubahan PKPU. Kalau sudah ada maka kita akan laksanakan sesuai dengan regulasi itu,” ungkap La Ojo-sapaan akrab La Ode Abdul Natsir Muthalib.

“Sambil menunggu hasil revisi PKPU dari KPU RI,

Sementara itu, Ketua Bawaslu Sultra Hamiruddin Udu mengatakan sambil menunggu hasil resvisi PKPU, pihaknya tetap berfokus pada pengawalan dan menyiapkan beberapa hal apabila Pilkada dilaksanakan pada Desember 2020. Misalnya menyamakan persepsi terkait penerapan pasal 71 UU Nomor 10 tahun 2016 tentang Pilkada.

Dalam pasal tersebut melarang petahana untuk menggunakan program pemerintahan yang dapat menguntungkan atau merugikan calon kepala daerah tertentu. “Bagaimana penerapan pasal tersebut di masa wabah covid-19. Sebab ada sejumlah kepala daerah disinyalir hendak mempolitisasi bantuan dengan memasang label nama dan foto di bantuan yang diberikan kepada masyarakat. Hal ini dapat dikatakan penyalahgunaan wewenang,” jelasnya. (m3/c)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy