Tabrak Dermaga, KM Aksar Terancam Disanksi – Kendari Pos
Hukum & Kriminal

Tabrak Dermaga, KM Aksar Terancam Disanksi

Nampak bagungan Gapura yang roboh diseruduk Kapal Motor (KM) Aksar Saputra 08.

KENDARIPOS.CO.ID — Insiden kecelakaan transportasi laut baru saja terjadi di Muna Kamis dini hari. Kapal Motor (KM) Aksar Saputra 08 menyeruduk dermaga pelabuhan Nusantara, Raha setelah laju kapal tak terkendali. Akibatnya, gapura pada gerbang perlintasan penumpang ambruk. Kepolisian tengah menyelidiki penyebab pasti kecelakaan tersebut.

Kronologi kejadian bermula saat perahu bermesin diesel tersebut hendak berlabuh di pelabuhan Nusantara, Raha sekitar pukul 04.00 Wita. Namun saat anak buah kapal akan melepas jangkar, kapal justru terus melaju. Lambung kapal baru berhenti setelah menabrak dermaga dan merobohkan gapura. Kapal itu sebelumnya berlayar dari pelabuhan Nusantara, Kendari pada Rabu malam pukul 10.00 Wita dengan mengangkut 80 penumpang. “Tidak ada korban jiwa dalam insiden itu,” kata Kapolres Muna, AKBP Debby Asri Nugroho melalui Kapolsek KP3, IPDA Hidha Nur.

Kepolisian melakukan penyelidikan pada insiden tersebut. Penyebab kapal gagal berlabuh dengan sempurna untuk sementara, kata Ipda Hidha ialah dikarenakan handle bagian kiri kapal patah. Akibatnya, kapal yang melaju dengan kecepatan 1,7 knot tak bisa dihentikan. “Karrna handle tidak berfungsi makanya kapal tidak bisa mundur. Terjadilah insiden itu,” terangnya.

Plh. Kepala Unit Penyelenggara Pelabuhan Raha Laode Zamaluddin menerangkan akibat insiden itu kerugian ditaksir mencapai puluhan juta. Pihaknya akan memberi sanksi teguran tertulis kepada pihak KM. Aksar Saputera 08. Kendati demikian, pihak kapal dipastikan akan bertanggung jawab dengan memerbaiki gapura. Kondisi kapal sendiri pasca insiden itu sedang dalam perbaikan.

“Sanksi administrasin akan diberikan. Untuk kapalnya masih dalam uji coba. Kapal akan berlayar kembali jika kondisinya sudah stabil,” imbuhnya. (b/ode)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy