Sulkarnain Wajibkan Mall Berlakukan Protokol Kesehatan – Kendari Pos
Metro Kendari

Sulkarnain Wajibkan Mall Berlakukan Protokol Kesehatan

Warga Kota Kendari berbelanja untuk kebutuhan hari raya di Lippo Mall, Kendari, Jalan MT. Haryono, Selasa (19/5). Pemerintah setempat mengeluarkan instruksi agar penduduk dan pihak pengusaha memperhatikan protokol Covid-19 ketika melakukan transaksi jual beli.

KENDARIPOS.CO.ID — Kebiasaan masyarakat jelang lebaran adalah berbelanja. Entah itu berbelanja kebutuhan pokok maupun pakaian. Hal tersebut tentunya membuat mereka harus memadati berbagai pusat perbelanjaan seperti mall dan swalayan. Tak jarang dari mereka harus berdesak-desakan demi mendapatkan belanjaannya.

Akan hal itu, Wali Kota Kendari H. Sulkarnain Kadir meminta pengusaha atau pemilik mall dan swalayan memberlakukan protokol kesehatan.

“Saya sudah surati mereka supaya memberlakukan protokol kesehatan di tempat usahannya. Langkah tersebut kami ambil agar masyarakat bisa terlindungi dari penularan virus corona,” tuturnya, kemarin.

Protokol kesehatan berbelanja tertuang dalam surat Wali Kota Kendari bernomor 443.1/1624/2020. Isinya, pengusaha wajib melakukan pengecekan tubuh kepada setiap orang (karyawan/pengunjung) yang akan memasuki area mall/swalayan/toko. Jika suhu tubuh yang bersangkutan lebih dari 38 derajat celsius agar tidak diperkenankan masuk dan disarankan untu segera memeriksakan diri ke dokter atau fasilitas kesehatan terdekat.

Setiap karyawan atau pengunjung sambungnya, wajib menggunakan masker ketika memasuki dan selama berada diaera mall atau swalayan. Poin selanjutnya, manajemen mall atau swalayan wajib menyediakan wadah pencuci tangan, sabun hand sanitizer dan tisu kering bagi pengunjung.

“Penerapan physical distancing yang melakukan antrian berbelanja minimal jarak 1 meter. Selain itu, frekuensi pembersihan fasilitas mall dan swalayan secara rutin dengan menggunakan cairan disinfektan,” jelasnya. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy