Sulkarnain Ajak Warga Kompak Basmi Covid-19 – Kendari Pos
Metro Kendari

Sulkarnain Ajak Warga Kompak Basmi Covid-19

KENDARIPOS.CO.ID — Mungkin ini kali pertama warga Kota Kendari tak menikmati euforia Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Kendari. HUT ke-189 Kota Kendari tahun ini di tengah pandemi Corona Virus Disease (Covid-19).

Wali Kota Kendari, H. Sulkarnain Kadir (dua dari kiri) dan Wakil Wali Kota Kendari, dr.Siska Karina Imran bersama unsur pimpinan Forkompimda usai peringatan HUT ke-189 Kota Kendari secara virtual.

“Sejarah peradaban umat manusia akan mencatat dengan tinta emas bahwa peringatan (HUT, red) kali ini, dilakukan dalam suasana keprihatinan yang mendalam akibat mewabahnya covid-19,” kata Wali Kota Kendari, H. Sulkarnain Kadir, kemarin.

Ditanya soal harapan Pemkot Kendari di hari kelahiran yang ke-189 ini, Sulkarnain hanya ingin pandemi Covid-19 bisa berlalu dengan cepat. “Harapan saya tidak muluk-muluk. Yakni bagaimana covid ini bisa kita lalui. Saya minta masyarakat mari kita kompak melawan covid-19 ini. Memang ini tidak mudah. Ini memang berat. Tapi kalau kita bersatu Insya Allah kita bisa lewati,” tuturnya.

Setelah Covid-19 berlalu, Pemkot akan fokus mewujudkan obsesi menjadikan Kota Kendari sebagai kota layak huni walaupun tantangannya lebih berat. Tantangan yang dimaksud adalah pasca pandemi nanti, pemerintah bakal diperhadapkan dengan masa pemulihan perekonomian untuk memulai pembangunan. “Kita kan tahu bahwa dampak Covid-19 ini ekonomi pasti melambat. Pandemi Covid-19 ini sangat berpengaruh terhadap perekonomian kita. Bayangkan capaian pertumbuhan ekonomi kita itu jauh di atas rata-rata nasional yakni sebesar 6,66 persen. Itu angka yang luar biasa. Tapi dengan Covid ini ya tentu kita harus menyesuaikan lagi. Semoga segera berlalu, sehingga kondisi ekonomi tidak terlalu terpuruk. Karena kalau ekomomi terpuruk, saya kira berat untuk mewujudkan banyak hal,” jelasnya.

Ketua DPC PKS Kota Kendari itu berharap, masyarakat bersama-sama melawan Covid-19 dengan mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah seperti mematuhi kebijakan social and physical distancing, menghindari kerumunan dan berkumpul serta tidak keluar rumah jika tidak ada keperluan mendesak.

“Mudah-mudahan jika kita semua kompak, kita bersatu, bisa melawan covid-19. Semoga dalam enam bulan kita bisa pulih. Dalam arti bukan berarti kita pulih ketitik sebelumnya, tapi paling tidak kita sudah normal beraktifitas supaya bisa kita pacu lagi ekonomi kita. Banyak potensi kita yang bisa dikembangkan. Misalnya Teluk Kendari anugerah Allah SWT yang sangat luar bisa. Ditambah jembatan Teluk yang sebentar lagi selesai. Itu memberikan nilai buat Teluk Kendari dan Kota Kendari. Insya Allah kita akan optimalkan nanti,” kata Sulkarnain.

Terpisah, Ketua DPRD Kota Kendari, H.Subhan mengaku meski peringatan HUT Kota Kendari ke-189 digelar secara sederhana karena dilaksanakan di tengah wabah covid-19 akan tetapi menjadi renungan dan motivasi bagi pemkot untuk lebih maju. “Diusia ke-189 ini mudah-mudahan Kota Kendari bisa bisa lebih dicintai masyarakatnya. Pemeritah juga melayani dan melaksanakan visi misi yang sudah ditetapkan bersama yakni bagaimana mewujudkan Kendari sebagai kota layak huni berbasis teknologi, informasi dan ekologi (lingkungan),” tuturnya.

DPRD Kendari kata Subhan, sangat mendukung upaya pemerintah untuk mencapai visi misi. Terlebih pada upaya penanganan dan pencegahan Covid-19. “Kami siap bersinergi. Berbagai usulan pemerintah kami kaji dan kami beri lampu hijau. Contoh, Rp 66,6 miliar realokasi dan recofussing penanganan covid-19 ini yang diusulkan Pemkot, langsung kami setujui,” kata Subhan.

Utnu ketahui, Pemkot menggelar upacara secara virtual peringatan HUT ke-189 tahun, di Rumah Jabatan Wali Kota Kendari. Seremoni HUT secara sederhana disiarkan langsung melalui facebook resmi Pemkot Kendari.

Upacara online ini dipimpin langsung Wali Kota Kendari Sulkarnain dihadiri Wakil Wali Kota Kendari dr.Siska Karina Imran, Sekretaris Daerah Kota Kendari Nahwa Umar, Ketua DPRD Kota Kendari Subhan, Danlanal Kendari, Ketua Pengadilan Negeri Kendari, Kapolres Kendari AKBP Didik Erfianto, Dandim 1417 Kendari Kolonel Alamsyah serta jajaran Forkopimda lainnya.

Sementara itu jajaran SKPD hingga camat dan lurah juga ikut dalam live streaming HUT Kota Kendari ini melalui aplikasi zoom. Seremoni peringatan HUT Kota Kendari juga dirangkaikan dengan penyerahan bantuan santunan dari Pemkot melalui Bank Sultra kepada perwakilan masyarakat kurang mampu, karyawan yang dirumahkan, nelayan dan pedagang terdampak Covid-19. (ags/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy